Jakarta (ANTARA) - Damian Lillard mencetak 41 poin saat memimpin Portland Trail Blazers memaksa Los Angeles Lakers melewati pekan pembuka NBA 2022-23 dengan catatan nirmenang setelah mengalahkan tuan rumah 106-104 di Crypto.com Arena, California, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Blazers sebetulnya masih tertinggal 95-102 saat pertandingan menyisakan waktu satu menit 56 detik, tapi mereka bangkit lewat rentetan poin 11-2 termasuk sebuah driving layup dari Jerami Grant tiga detik sebelum bel bubaran yang membawa tim tamu berbalik memimpin 106-104.

Kemenangan Blazers dipastikan setelah LeBron James gagal melesakkan tembakan dua angka buzzer-beater, demikian laporan situs resmi NBA. Blazers menyapu bersih kemenangan tiga pertandingan, sedangkan Lakers nirmenang dalam jumlah gim yang sama.

Baca juga: Kawhi Leonard kembali, Clippers buka musim pecundangi Lakers 103-97
Baca juga: Hasil NBA: Pacers, Heat, Cavaliers, dan Mavericks menang perdana


Lillard untuk dua gim beruntun mencetak 41 poin bagi Blazers, dan raihannya kali ini juga melanjutkan rekam jejak performanya yang selalu dominan tiap kali menghadapi Lakers dengan kontribusi rata-rata kini mencapai 28 poin per gim.

Grant menambahkan 16 poin dan Anfernee Simons menyumbang 12 poin, sedangkan Josh Hart dan Jusuf Nurkic berkontribusi masing-masing lewat 16 rebound serta 13 rebound.

James mengemas 31 poin bagi Lakers, Anthony Davis membukukan dwiganda 22 poin dan 10 rebound, Lonnie Walker IV mencetak 15 poin, sementara Russell Westbrook melengkapi dengan 10 poin.

Sementara Lakers masih menyandang status nirmenang musim ini, James terus mengantongi berbagai pencapaian individual. Ia mencetak 20 poin atau lebih untuk ke-1.134 dalam kariernya, menyamai rekor Karl Malone.

James juga terus berada di jalur yang tepat untuk menyalip Kareem Abdul-Jabbar sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah NBA apabila ia bisa menjaga kebugaran dan tampil konsisten hingga setidaknya musim dingin nanti.

Akurasi tripoin masih menjadi masalah bagi Lakers di gim ini, di mana mereka hanya mengonversi enam dari 33 percobaan tembakan luar busur. Secara keseluruhan musim ini mereka memiliki tingkat akurasi 21,2 persen atau hanya berhasil meraih angka 25 kali dari 118 percobaan tripoin.

Blazers akan segera membuka pekan kedua NBA pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) saat menjamu Denver Nuggets di Moda Center, Oregon, sedangkan Lakers baru melantai lagi dua hari kemudian juga menghadapi Nuggets di Ball Center, Colorado.

Baca juga: Jalen Brunson nikmati debutnya bersama Knicks di Madison Square Garden
Baca juga: Jonas Valanciunas hujan pujian seusai Pelicans terkam Hornets

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022