peluang bagi Sumbar untuk mempromosikan keunggulan pariwisata
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan delapan venue di beberapa lokasi di Kota Padang untuk pelaksanaan MTQ Nasional Korpri ke-VI pada 6-13 November 2022.

"Delapan venue sudah kita siapkan untuk menyukseskan MTQ Nasional Korpri ke-VI. Venue yang tersebar di beberapa tempat di Kota Padang itu sangat mudah untuk diakses oleh peserta," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Senin.

Delapan venue yang sudah disiapkan itu masing-masing cabang tilawah pada 8-11 November di Masjid Raya Sumatera Barat yang menjadi salah satu ikon daerah.

Kemudian cabang tartil Quran di Masjid Al Hakim di Pantai Padang yang juga telah menjadi salah satu destinasi wisata religi unggulan di Sumbar.

Cabang hifdz Al Quran golongan hafalan Juz 30 dan surat Al Baqarah akan digelar di Aula Kantor Gubernur Sumbar. Cabang hifdz Al Quran golongan hafalan surat Ali Imran dan An Nisa serta 7 surat pilihan di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar.

Baca juga: DPN: Sumatera Barat tuan rumah MTQ Ke-6 Korpri tingkat nasional
Baca juga: Sembilan cabang dilombakan pada MTQ nasional Korpri VI di Padang

Cabang dakwah Al Quran dan doa rencananya digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Kemudian cabang khat Al Quran golongan dekorasi, kontemporer dan digital di Aula SMA 1 Padang.

Lalu cabang khutbah Jumat dan adzan di Aula Dinas Kebudayaan Sumbar. Cabang artikel Al Quran di Labor Komputer Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar.

Selain delapan venue tersebut Pemprov Sumbar juga menyiapkan istana gubernuran untuk pelaksanaan pembukaan MTQ pada 7 November 2022. Sementara penutupan akan digelar di Masjid Raya Sumbar.

"Selain kesiapan venue, kita juga sudah memastikan kesiapan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) untuk menyambut kedatangan kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Mahyeldi.

Diperkirakan sekitar lima ribu orang akan datang ke Sumbar dalam pelaksanaan MTQ Nasional Korpri tersebut.

"Jumlah yang cukup besar itu sekaligus menjadi peluang bagi Sumbar untuk mempromosikan keunggulan pariwisata daerah, salah satunya untuk menyukseskan Visit Beautiful West Sumatera 2023," katanya.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tenggara tutup MTQ Korpri tingkat nasional

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022