Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 negara mengikuti turnamen internasional Federasi Tenis Internasional (ITF) Men’s World Tennis Tour bertajuk MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 yang digelar di Jakarta.

Ajang khusus untuk petenis putra berlevel ITF M25 itu akan bergulir dua seri dalam dua pekan di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta, mulai 24 Oktober hingga 6 November 2022.

Adapun peserta asing datang dari 12 negara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, China, Jepang, Korea, India, Australia, Rusia dan Perancis serta Hungaria.

"Ini adalah ITF Mens Future 25K, berlangsung dua minggu tapi akan kita laksanakan back to back atau beruntun. Babak utama besok Selasa, final ganda Sabtu, final tunggal Minggu," ujar direktur turnamen Teddy Tandjung dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Setiap seri MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 menyediakan 32 slot main draw dan 48 tempat di babak kualifikasi nomor tunggal. Di sektor ganda, hanya 16 pasangan yang berhak tampil di babak utama.

Merujuk Acceptance List turnamen per Sabtu (22/10), Nam Hoang Ly dari Vietnam yang menempati peringkat singles ke-270 dunia akan menjadi unggulan teratas tunggal.

Sementara itu, pasangan tuan rumah, Nathan Anthony Barki (1359)/Christopher Rungkat (185) bakal memuncaki daftar unggulan nomor ganda turnamen seri pertama.

Andalan Indonesia, Muhammad Rifqi Fitriadi yang bercokol di peringkat 1242 dunia menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang lolos langsung ke babak utama nomor tunggal.

Nathan Anthony Barki, Tegar Abdi Satrio Wibowo dan Lucky Candra Kurniawan serta M. Gunawan Trismuwantara harus memanfaatkan fasilitas wild card.

Babak kualifikasi pekan pertama Medco Energi International Tennis Championships 2022 telah dimulai Minggu (23/10). Sembilan petenis Indonesia berhasil melangkah ke babak kedua kualifikasi.

Pada babak kedua kualifikasi, Senin, tersaji diantaranya partai antar generasi tenis putra di Tanah Air antara Anthony Susanto (25) berhadapan dengan Claudio Renardi Lumanauw (18).

Tujuh petenis Merah Putih lainnya, yakni Faried Widyorohmadiansyah, Renaldi Aqila Arifadli Salim, Putu Agassi Pranata Nida, Rifky Sukma Ramadhan, Achad Imam Maruf dan David Agung Susanto serta Aditya Hari Sasongko harus menghalau serbuan petenis asing untuk lolos ke final kualifikasi yang akan berlangsung Senin sore.

MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 menyediakan total hadiah 25.000 dolar AS atau sekitar Rp400 juta tiap seri.


Baca juga: Pelti kembali gelar turnamen internasional demi dorong peringkat atlet
Baca juga: Pelti DKI targetkan gelar 40 turnamen tenis setiap tahun
Baca juga: Pelti jaring atlet tenis muda berbakat lewat "Junior Next Gen Cup"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022