Jayapura (ANTARA) -
PT Telkomsel menyiapkan 19 Base Transceiver Station (BTS) dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI dengan begitu dapat mengantisipasi terjadinya potensi lonjakan trafik komunikasi di sejumlah titik di Kabupaten Jayapura, Papua.

Manajer Layanan Jaringan Telkomsel Jayapura, Heri Suryanto, dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan, mereka memantau perangkat secara berkala di area hotel, penginapan, lokasi acara, hingga tempat destinasi wisata guna menghadirkan akses jaringan pita lebar berteknologi terdepan.

Baca juga: KMAN VI akan membahas kedaulatan masyarakat adat

"Kami saat ini telah melakukan optimalisasi jaringan yang menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan KMAN VI di Jayapura dan Kabupaten Jayapura," katanya.
 
Menurut dia, mereka juga menghadirkan tiga gerai layanan dan penjualan produk Telkomsel yang berlokasi di Kampung Yoboi tempat festival ulat sagu dilaksanakan yang juga masuk dalam rangkaian kegiatan KMAN VI, Bandara Sentani dan Stadion Barnabas Youwe.
 
“Melalui gerai yang kami sediakan, pelanggan dapat melakukan penukaran POIN, pengisian pulsa dan pembelian paket layanan data/internet," ujarnya.

Baca juga: 2.337 peserta KMAN VI sudah tiba di Jayapura
 
Ia menjelaskan kepada pelanggan yang masih menggunakan kartu SIM lama, juga dapat melakukan migrasi kartu, sehingga memberikan kemudahan para tamu dan wisatawan yang hadir di Kampung Yoboi dalam mengakses jaringan Telkomsel.
 
"Kami berharap pelanggan dapat nyaman berkomunikasi dan mengunggah foto atau video melalui media sosial," katanya.

Baca juga: Kemenhub dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara
 
Ia menyatakan, melalui KMAN VI diharapkan dapat melestarikan keberagaman adat dan budaya dari seluruh negeri serta membuka peluang pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Kabupaten Jayapura.
 
Ssebelumnya telah dilakukan pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI di Kabupaten Jayapura, Papua, yang dihadiri 2.500 anggota dari berbagai daerah di Indonesia, yang akan berlangsung 24-30 Oktober 2022 di Jayapuran dan Kabupaten Jayapura.
 
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022