Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengajak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memperkuat kolaborasi dalam mengatasi tantangan penyakit menular dan tidak menular yang terjadi di dalam negeri.

"Pandemi ini mengajarkan kita untuk saling berkolaborasi. Itu penting, karena pemerintah tidak bisa sendiri, butuh gerakan bersama dari seluruh komponen bangsa, termasuk dari IDI," kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Budi mengatakan peringatan HUT ke-72 IDI perlu dijadikan momentum untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan di Indonesia.

Baca juga: PB IDI: Indonesia tak perlu terburu-buru putuskan fase endemi COVID-19

Di tengah upaya penanganan pandemi COVID-19, kata Budi, di saat bersamaan muncul penyakit hepatitis akut, cacar monyet dan yang terbaru gangguan ginjal akut pada anak.

Menurut Menkes, sektor kesehatan terus diuji, Indonesia tetap mampu mengatasinya, karena memiliki kekuatan berupa modal sosial yang besar serta sistem kesehatan yang kuat.

"Kemenkes sedang menjalankan transformasi kesehatan nasional fokus pada enam pilar, yakni transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan," katanya.

Agenda itu bertujuan untuk memperkuat sistem kesehatan nasional agar lebih bermutu, berkualitas, dan merata dalam melayani masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air.

Guna mewujudkannya, Menkes kembali menekankan butuh bantuan dan dukungan dari seluruh komponen bangsa.

“Pandemi memperlihatkan kerapuhan sistem kesehatan nasional, karenanya harus direformasi. Kami siapkan enam transformasi kesehatan. Targetnya, tahun 2024, kami bereskan semuanya demi sistem kesehatan Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: Satgas IDI: Indonesia menuju jalur yang tepat menuju endemi

Baca juga: Satgas IDI rekomendasikan alur penatalaksanaan pasien cacar monyet


Ketua PB IDI Adib Khumaidi dalam acara puncak HUT IDI di Bandung, Jawa Barat, siap mendukung pemerintah di garda terdepan penanganan masalah kesehatan.

"IDI turut serta menyukseskan agenda transformasi kesehatan demi sistem kesehatan yang kuat dan tangguh dalam menghadapi masalah kesehatan saat ini maupun di masa depan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022