Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Sesmenpora Jonni Mardizal mengatakan semangat kebersamaan dalam menyambut peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda (HSP) makin menggelora usai terselenggara tiga turnamen olahraga.

Jonni di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa, secara resmi menutup turnamen Road to Hari Sumpah Pemuda untuk bulu tangkis dan esport yakni Free Fire. Sementara futsal telah rampung pada Minggu (23/10).

"Dengan izin pak Menpora (Zainudin Amali) dan kawan kawan semua, kegiatan 1st Free Fire dan Badminton Journalist Tournament 2022 ini resmi kami tutup," kata Jonni.

"Kegiatan Free Fire dan turnamen badminton yang diselenggarakan oleh jurnalis ini merupakan kegiatan sebenarnya dari kita untuk kita, dari jurnalis untuk jurnalis, dan juga dari kawan-kawan di Kementerian Pemuda dan Olahraga," ujarnya menambahkan.

Jonni berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dengan menambah berbagai kegiatan lainnya.

"Sebelumnya pada kegiatan Road to Haornas, kawan-kawan jurnalis juga sudah melaksanakan pertandingan futsal dan bulu tangkis, serta juga kegiatan lain. Kali ini kembali menunjukkan keakraban kita dengan kawan-kawan jurnalis," ujar Jonni.

Selain jurnalis, kegiatan ini diikuti Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan.

Baca juga: Sambut Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora gelar dua turnamen olahraga

Untuk Kejuaraan Free Fire ke-1, juaranya adalah Tim Universitas Pamulang (Unpam) E-Sport dari Kota Tangerang Selatan, yang terdiri dari Riski Ulandari, Adhi Setyawan, Erpan Gunawan, Robita Alihandra, dan Oldi Novindra Pratama.

Sementara runner-up diraih tim tvOne E-Sport, dan juara posisi ketiga dari Tim Media E-Sport.

Adapun untuk turnamen bulu tangkis, sebagai pemenang pertama adalah pasangan Herwan (Harian Indonesia) dan Jaber (Oto Klix), pemenang kedua Fetruk (Republika) dan Filip (tvOne).

Lalu untuk pemenang ketiga dan keempat dari Kemenpora yakni pasangan Ambar/Gilang dan Surya/Tono. Menpora Amali pun menyerahkan langsung piala kepada para pemenang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rinintha turnamen Road to HSP Rinintha Niken Dhaningtyas mengatakan peserta dari kegiatan yakni untuk cabang olahraga bulu tangkis diikuti 32 peserta yang terdiri dari 16 jurnalis dan 16 perwakilan pemuda dan staf kemenpora.

Sementara itu, untuk cabang olahraga esport Free Fire juga diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari jurnalis dari berbagai media, pemuda, dan staf Kemenpora.

“Kami selaku panitia penyelenggara tetap bergandengan tangan untuk menyukseskan peringatan Hari Sumpah Pemuda," kata Niken.

"Pak Menpora Zainudin Amali terima kasih atas dukungannya. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Pak Asrorun Niam Soleh sekaligus Ketua Panitia HSP ke-94 tahun 2022, Gerena Indonesia, Pertamina Geothermal Energy dan NOC Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: Menpora sebut upacara peringatan Sumpah Pemuda digelar di IKN
Baca juga: Relevansi semangat Sumpah Pemuda di era setelah pandemi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022