Jakarta (ANTARA) - Inter Milan memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah mencukur Viktoria Plazen 4-0 dalam matchday ke-5 Grup C Liga Champions di Guiseppe Meazza, Rabu waktu setempat (Kamis dini hari WIB).

Kemenangan tim Italia ini sekaligus menyingkirkan Barcelona dari Liga Champions dan harus turun ke Liga Europa untuk dua musim beruntun.

Edin Dzeko memborong dua gol dalam pertandingan ini, dengan dua gol lainnya dicetak Henrikh Mkhitaryan dan Romelu Lukaku.

Berdasarkan laman resmi UEFA, tiga poin ini membuat Inter menyegel tiket ke babak 16 besar, mendampingi Bayern Muenchen yang sudah lebih dulu memastikan diri lolos.

Barcelona dipastikan gagal melaju ke fase gugur sebelum bertanding melawan Bayern, meski mereka bisa menyamai poin Inter di akhir fase grup, klub Katalunya itu kalah dalam hal head to head.

Barcelona sudah dipastikan mengunci posisi ketiga dan terdepak ke Liga Europa. Viktoria Plzen berada di dasar klasemen dan tidak akan bisa menyamai poin Blaugrana dengan sisa satu laga.

Baca juga: Kalahkan Salzburg 2-1, Chelsea amankan tiket 16 besar Liga Champions

Pertandingan berjalan sangat terbuka, Inter dan Viktoria Plzen saling bertukar serangan, tetapi belum ada yang bisa menghasilkan gol di 20 menit pertama.

Peluang emas didapatkan Inter pada menit ke-24. Federico Dimarco lepas dari posisi offside dan berhadapan dengan kiper untuk kemudian melepaskan tembakan, tetapi bola bisa ditepis kiper Jindrich Stanek.

Kebuntuan Inter akhirnya pecah pada menit ke-35. Umpan silang dari Alessandro Bastoni berhasil disambar dengan sundulan Henrikh Mkhitaryan. Inter unggul 1-0.

Inter menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-42. Umpan silang Dimarco berhasil disambar dengan sontekan Edin Dzeko di mulut gawang.

Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Baca juga: PSG dipastikan lolos 16 besar usai bantai Maccabi Haifa 7-2

Selepas jeda, Inter terus memberikan tekanan. Namun, Viktoria Plzen sesekali bisa melancarkan serangan balik.

Gol ketiga Inter baru terjadi pada menit ke-66. Bola umpan silang mendatar dari Lautaro Martinez berhasil disambar oleh Dzeko.

Tim tuan rumah menyempurnakan performa apik mereka dengan gol keempat pada menit ke-87. Pemain pengganti, Romelu Lukaku mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 4-0 menjadi penutup pertandingan ini.

Baca juga: Juventus tersingkir dari Liga Champions usai kalah 3-4 oleh Benfica
Baca juga: Tahan imbang City 0-0, Dortmund pastikan tiket babak 16 besar

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022