Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara Pertamina akan menggandeng 50 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan untuk turut meramaikan ajang lari tahunan Pertamina Eco RunFest di Istora Senayan, Minggu (27/11).

"Kami membina UMKM di 34 provinsi. Dan kami akan menghadirkan 50 UMKM yang berkaitan dengan acara Eco Run pada acara ini, ada makanan dan minuman yang mengusung tema ramah lingkungan," kata Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi di Jakarta, Kamis.

Brahmantya menyampaikan, bazaar UMKM yang akan menempati lokasi Eco-Market, akan mengusung tema ramah lingkungan dalam gelarannya.

Prinsip ramah lingkungan yang akan diterapkan salah satunya yakni para UMKM menggunakan wadah ramah lingkungan dalam penyajian makanan dan minumannya, misalnya piring kertas atau daun.

Selain itu, Pertamina juga akan mendaur ulang sampah-sampah yang dihasilkan dari ajang tersebut sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang lestari.

Diketahui, Pertamina Eco RunFest 2022 menghadirkan beberapa kegiatan, di antaranya Eco-Run yaitu kegiatan lari dengan berbagai kategori.

Kedua, Eco-Market yaitu bazaar produk-produk kuliner, local brands dan UMKM yang ramah lingkungan.

Dan selanjutnya Energizing Music Festival yang menyajikan penampilan musisi-musisi favorit Indonesia.

"Dengan semangat Energizing The Great Start, Pertamina Eco RunFest 2022 mengajak masyarakat untuk berkolaborasi bersama membantu desa-desa di Indonesia untuk lebih berdikari, memenuhi kebutuhan energi sendiri dengan menggunakan sumber energi bersih serta meningkatkan kesejahteraan," ujar Bramantya.

Hal itu, tambahnya, sejalan dengan aspirasi Pertamina untuk mencapai tujuan bersama Net Zero Emissions.

Baca juga: Pertamina Validasi Temuan Sumberdaya Migas Tembus 100 Juta Barel
Baca juga: Pertamina temukan sumber migas baru di Bojonegoro
Baca juga: Integrasi digital percepat penyatuan bisnis Pertagas dan PGN

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022