Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat meluncurkan aplikasi e-prasum di Kecamatan Kembangan guna mempercepat pelayanan warga di tingkat kecamatan.

"Dalam e-prasum ini diciptakan untuk memaksimalkan pelayanan di Kecamatan Jembangan kepada masyarakat di bidang perbaikan infrastruktur jalan, penanganan banjir dan penopingan pohon," kata Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Barat, Firmanudin saat ditemui di kantor Kecamatan Kembangan, Kamis.

Firman mengatakan, aplikasi ini berfungsi untuk mempercepat pelayanan keluhan warga yang tertahan di tingkat Rukun Warga (RW).

Setiap ketua RW nantinya memasukan laporan tersebut melalui aplikasi e-prasum agar ditangani oleh suku dinas Terkait.

Firmanudin mencontohkan jika laporan yang masuk terkait keluhan warga yang khawatir pohon tumbang, maka pihak Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan langsung menindaklanjuti laporan tersebut.

"Begitu pun kalau ada jalan atau penerangan lampu yang kurang akan ditangani Bina Marga dan kalau ada genangan akan ditangani Suku Dinas Sumber Daya Air," kata Firmanudin.

Baca juga: Jakarta Selatan sediakan ribuan titik JakWifi
Baca juga: Heru pertahankan Jaki meski ada lagi posko pengaduan

Di saat yang sama, Wakil Camat Kembangan sekaligus pimpinan proyek pengembangan aplikasi e-prasum, Febbiandri menambahkan, aplikasi ini bukan hanya mempermudah pelayanan saja.

Aplikasi ini juga memungkinkan adanya interaksi dua arah dari warga yang melapor dengan pihak pelayanan yang menerima laporan.

"Intinya kita tanggapi dulu laporannya, itu bagian dari bentuk pelayanan. Setelah itu kita pastikan akan mencari solusi akan laporan tersebut," jelas dia.

Pihak pelapor juga bisa memastikan apakah laporan mereka sudah ditangani dengan baik.
"Jadi ada fitur layanan sudah ditangani atau masih dalam pelayanan atau tidak," kata dia.

Dengan aplikasi ini, dia berharap pelayanan di Kecamatan Kembangan bisa berjalan maksimal.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022