Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah informasi penting bidang ekonomi pada Kamis (27/10) yang masih layak disimak pada pagi ini, seperti pemerintah tidak akan mengganti lahan hutan untuk ditanami papan panel surya hingga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) untuk membahas upaya pengurangan hambatan dagang.

Punya potensi 3.600 GW, RI tak akan babat hutan untuk panel surya

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan meski Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan hingga sebesar 3.600 Giga Watt (GW) dimana 89 persennya berasal dari surya, namun pemerintah tidak akan mengganti hutan yang ada untuk ditanami papan panel surya.

"Indonesia diberkahi dengan berbagai macam sumber energi baru terbarukan, lebih dari 3.600 GW tersebar di seluruh negeri di mana 89 persennya berasal dari surya. Tapi kita harus hati-hati. Kita tidak perlu mengganti hutan kita dengan papan panel surya. Kita harus menjaganya dengan hati-hati," katanya dalam webinar bertajuk Shine Bright: Advancing G20 Solar Leadership di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya

 

Menko Marves pastikan persiapan KTT G20 rampung 5 November 2022

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan memastikan hampir seluruh persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali rampung pada 5 November 2022.

“Semua target (persiapan) akan selesai pada minggu pertama (November 2022). Tanggal 5 (November) saya berharap sudah selesai 99,9 persen,” kata Luhut Binsar Pandjaitan menjawab pertanyaan ANTARA pada sela-sela kegiatannya di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis.

Baca selengkapnya


Pemerintah target kurangi 38,5 persen sampah laut sampai akhir 2022

Pemerintah Indonesia menargetkan 38,5 persen sampah berkurang dari laut sampai akhir 2022 sehingga upaya mengurangi sampah laut sampai 70 persen pada 2025 dapat tercapai.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, kelompok masyarakat, dan TNI Angkatan Laut saat ini bahu membahu mengangkut sampah dari laut demi mencapai target tersebut.

Baca selengkapnya


Anggota BPK Ahmadi Noor Supit ucapkan sumpah jabatan

Anggota Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) terpilih Ahmadi Noor Supit mengucapkan sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, pada Kamis.

Pengambilan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung, M. Syarifuddin dilakukan sesuai dengan Pasal 16 ayat (1) UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK yang menyatakan bahwa sebelum memangku jabatannya, Anggota BPK wajib mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya.

Baca selengkapnya


Menko Airlangga bertemu perwakilan dagang AS bahas hambatan dagang

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Perwakilan Dagang Amerika Serikat (US Trade Representative/USTR) Duta Besar Katherine Tai untuk membahas upaya pengurangan hambatan dagang antara kedua negara.

Isu-isu kebijakan strategis dan sengketa dagang yang dinilai telah memenuhi kriteria kepatuhan dari Panel WTO juga dibahas.

Baca selengkapnya

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022