Jakarta (ANTARA) - Organisasi Gema Pembaruan dan Pembangunan (GPP) DKI Jakarta menggelar aksi kebangsaan dan simpatik di kawasan Gedung Joeang 45 Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, guna memperingati Sumpah Pemuda.
 
Aksi kebangsaan itu diikuti ratusan anggota GPP dari DKI Jakarta dan perwakilan GPP dari 16 provinsi lain, termasuk Jawa Tengah.

Baca juga: Wali Kota Jaktim ajak anak muda gotong royong bangun negeri
 
"Kegiatan ini diikuti sekitar 300 relawan, namun sebagian di antaranya berbarengan mengikuti kegiatan serupa di tempat lain. Tujuannya, adalah memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini agar bisa menggali ingatan bahwa hari ini momen persatuan bangsa dan memupuknya demi kemajuan bangsa," kata Ketua GPP Achmad Syaiful dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
 
Syaiful menyebutkan ratusan peserta mengenakan atribut dengan warna dominan hitam melakukan kegiatan kebangsaan, seperti menyanyikan sejumlah lagu wajib nasional, hingga membacakan teks Sumpah Pemuda Milenial 2022 karya GPP.
 
"Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan gerakan simpatik membagikan bunga kepada pengendara dan pejalan kaki yang melintas di Jalan Menteng Raya," ucapnya.

Baca juga: Jakarta Kemarin, hibah lahan museum hingga perubahan nama jalan
 
Adapun Sumpah Pemuda Milenial 2022 yang dibacakan dalam aksi tersebut, memadukan Sumpah Pemuda versi asli dengan penambahan kata-kata penambah semangat dari organisasi GPP.
 
Sumpah Pemuda versi GPP itu berisi:
 
"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia", "dan siap menjaganya sampai akhir hayat kami".
 
"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia", "dan siap terus memupuk rasa nasionalisme".
 
"Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia", "serta siap mempertahankan Bhineka Tunggal Ika".

Baca juga: Sumpah Pemuda, puluhan siswa PAUD dan SD ikut panen di Walkot Farm

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022