Terutama menjaga persatuan Indonesia dan memberikan motivasi bagi kebaikan.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengingatkan Pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) agar memberikan yang terbaik kepada anggota dan masyarakat, baik di bidang dakwah maupun sosial.

"Terutama menjaga persatuan Indonesia dan memberikan motivasi bagi kebaikan," kata Jusuf Kalla (JK) melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan periode 2014-2019 tersebut, pada intinya pengurus adalah melakukan pengabdian kepada anggota dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat memberikan sambutan pelantikan Pengurus PITI periode 2022-2027 di Gedung DMI, Jakarta.

JK mengatakan kiprah PITI juga harus diarahkan kepada upaya mendorong semangat kemajuan dan persatuan bangsa.

"Pengurus adalah pengabdian, jadi harus mendorong semangat kemajuan bangsa ini serta menjaga persatuan," ujar JK, sapaan akrabnya.

Senada dengan itu, Pembina PITI Komjen Polisi (Purn) Syafruddin menyampaikan rasa bangga pada PITI yang telah berkiprah, bahkan sebelum republik Indonesia lahir.

Ke depan, ia berharap tidak ada lagi yang merasa paling memiliki Indonesia. Semua anak bangsa harus saling bergandengan tangan dan menghilangkan jurang pemisah yang bisa menyebabkan rusaknya rasa persatuan.

"Mari kita hindari sekat-sekat. Sebab semua punya kontribusi dalam perjalanan sejarah Indonesia," kata mantan Wakapolri tersebut.

Tidak hanya itu, semua anak bangsa diimbau tidak lagi memunculkan polarisasi. Termasuk pelabelan istilah asing, aseng, cebong, kadrun, dan lain sebagainya.

Ketua Umum PITI periode 2022-2027 Serian Wijatno mengatakan kepengurusan PITI hasil muktamar tahun 2022 untuk melanjutkan roda kepengurusan sebagai ikhtiar melaksanakan perjuangan mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamiin dalam NKRI yang berlandaskan Pancasila.

"Saya berpesan kepada pengurus yang dilantik agar serius dan berkomitmen menjalankan tugas serta peran sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan berdasarkan visi dan misi," kata dia pula.
Baca juga: PITI: Ramadhan bulan berjihad dari keburukan untuk ciptakan perdamaian
Baca juga: PITI Persaudaraan protes penggunaan logo saat muktamar versi Persatuan


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022