Koba, Babel, (ANTARA) - Desa Wisata Perlang, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, meraih juara tiga kategori digital dan kreatif dalam kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Ini sesuatu yang membanggakan dan saya memberikan apresiasi kepada Pokdarwis yang sudah bekerja dengan penuh motivasi, inovasi dan kreatif, sehingga membuahkan hasil," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Senin.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah benahi cagar budaya sumur tujuh

Anugerah ADWI 2022 berlansung di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf pada Minggu (30/10) malam. Kompetisi ADWI 2022 terdiri dari beberapa kategori, di antaranya kelembagaan desa wisata, daya tarik pengunjung, CHSE, digital dan kreatif, homestay dan toilet umum.

"Objek wisata Danau Pading di Desa Perlang, menjadi satu penunjang untuk mendapatkan yang terbaik nasional yaitu juara tiga," ujar bupati.

Baca juga: Polres Bangka Tengah amankan 12 objek wisata

Menurut bupati, Danau Pading merupakan sebuah kawasan penambangan bijih timah yang sudah tidak produktif lagi dan ditinggalkan selama puluhan tahun.

"Kemudian teman-teman dari Pokdarwis dengan kerja keras dan kerja sungguh-sungguh mampu menyulapnya menjadi sebuah destinasi wisata, yaitu wisata Danau Pading," ujarnya.

Baca juga: Warga Namang Bangka Tengah bangun kawasan wisata Jembatan Pengantin

Menurut bupati, sisi lain yang menarik dari Danau Pading adalah kawasan tambang yang identik dengan kerusakan alam, tetapi Pokdarwis malah mampu melihat potensi dibalik semua itu, sehingga diubah menjadi kawasan wisata yang sudah dikenal dunia.

"Saya tentu berharap ini bisa menjadi motivasi bagi pelaku pariwisata lainnya dalam bidang desa wisata untuk bisa lebih berkembang," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah akan bangun kawasan wisata mangrove yang unik

Seorang wisatawan dari Jakarta, Arif mengaku Danau Pading menjadi daerah tujuan wisata dirinya bersama keluarga saat berwisata di Pulau Bangka.

"Saya sudah banyak mendapat informasi terkait Danau Pading, itu membuat saya tertarik dan ternyata memang sangat menarik," ujarnya.

Baca juga: Bupati Bangka Tengah minta "ruwah kubur" masuk agenda wisata

Menurut dia, Danau Pading terlihat eksotik karena berada dan menyatu dengan kaki Bukit Pading yang menjadi pemandangan indah.

"Danau Pading dengan latar belakang Bukit Pading menambah daya tariknya, bahkan mirip seperti Danau Toba dan sangat bagus untuk swafoto," ujarnya.

Baca juga: Ratusan hektare hutan bakau Bangka Tengah tempat budi daya kepiting
Baca juga: Objek wisata Bangka Tengah ramai dikunjungi pelajar


Pewarta: Ahmadi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022