Jakarta (ANTARA) - Memasuki usia yang ke-4 tahun, aplikasi Mitra Tokopedia menyelenggarakan kampanye bertajuk #SemangatKu4t sebagai apresiasi bagi pegiat usaha tradisional yang telah menggunakan platform tersebut untuk mengembangkan usaha mereka.

Mitra Tokopedia merupakan aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya untuk menstok barang dagangan fisik maupun digital secara lebih mudah, murah dan cepat.

"Kampanye #SemangatKu4t ditujukan untuk mengapresiasi mitra usaha tradisional, yang selama ini telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha," ujar Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo dalam media briefing yang digelar virtual, Selasa.

Karina mengatakan, lewat kampanye tersebut pihaknya mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang memiliki kisah paling inspiratif.

Terdapat dua orang pemenang yang membagikan kisah mereka, yakni pemilik Toko Si Kembar bernama Marfour Syam dan pemilik Toko Gibran bernama Titin Lestari.

Karina mengatakan selain berjualan, kedua pemenang tersebut juga telah membawa dampak bagi lingkungan sekitar.

"Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” kata Karina.

Salah seorang pemenang, Marfour Syam telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan setelah suaminya terpaksa berhenti bekerja.

Berkat Mitra Tokopedia, dirinya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital.

"Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia," ucap dia.

Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher permainan dan token listrik.

Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.

Lain halnya dengan Titin Lestari. Pemiliki Toko Gibran di Medan, Sumatera Utara itu mendirikan warung pada 2017 dan bergabung dengan Mitra Tokopedia pada 2019.

Dia memanfaatkan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital di Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.

Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, Titin mengaku omzet hariannya bisa mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

“Omzet warung saya bisa mencapai jutaan rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga yang tidak punya tempat jualan untuk menitipkan barang dagangan mereka,” kata Titin.

Baca juga: Kemenparekraf kerja sama dengan Tokopedia dalam upaya adaptasi digital

Baca juga: Kolaborasi Bank Jago- GoTo tingkatkan inklusi keuangan

Baca juga: Khofifah apresiasi langkah Tokopedia buka Gudang Pintar di Surabaya

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022