Manado (ANTARA) - TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado menyiagakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) untuk mengamankan parade kapal di perairan Teluk Manado, Sulawesi Utara, dalam pelaksanaan Festival Bunaken, mulai Rabu (2/1) hingga 4 November 2022

Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka di Manado, Selasa, mengatakan bahwa Lantamal VIII sebagai representasi TNI AL di daerah akan mendukung setiap kegiatan yang menjadi program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Khususnya di daerah superprioritas Likupang, Pulau Bunaken merupakan destinasi penyangganya," kata Danlantamal.

KRI dan KAL yang disiagakan untuk dukung Festival Bunaken, di antaranya KRI Hasan Basri-382, KAL Tedong Selar-II-8-26 dan KAL Patola-II-8-27.

Selain itu, lanjut dia, juga 1 unit Sea Reader dan empat sekoci serta dibantu prajurit dari Lantamal VIII dan jajarannya.

Festival Bunaken akan digelar di tiga lokasi, yaitu di Pulau Bunaken, Malalayang Beach Walk Manado, dan di Pohon Kasih kawasan Megamas Manado dengan agenda parade kapal, parade kebaya, pelestarian lingkungan melalui penanaman mangrove, transpalansi terumbu karang, serta konser musik dan hiburan lainnya.

Baca juga: Festival Bunaken dorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Sulut
Baca juga: Festival Bunaken dorong kunjungan wisatawan ke Sulut

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022