Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik mewarnai pemberitaan nasional Selasa (1/11) mulai dari Ketua DPR RI Puan Maharani bicara ancaman resesi global hingga Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Timur Tengah.

Berikut lima berita menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Ketua DPR ingatkan pemerintah antisipasi ancaman resesi global

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan berbagai langkah antisipatif dalam menghadapi ancaman resesi global saat membuka Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022–2023 DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

"Pemerintah harus mengantisipasi ketidakpastian dan gejolak ekonomi dunia yang masih akan terus berlanjut hingga tahun depan. Ancaman resesi ekonomi global terhadap Indonesia yang perlu diwaspadai," kata Puan saat membacakan pidatonya dalam rapat paripurna.

Selengkapnya di sini

2. Jubir: R20 punya dampak dimensi politik

Forum Religion of Twenty (R20) memiliki gerakan spiritual dan kultural yang berdampak terhadap dimensi politik serta berkontribusi untuk krisis dunia, kata Jubir R20 Najib Azca di Nusa Dua, Bali, Selasa.

"Tentu saja gerakan spiritual dan kultural R20 punya dampak dimensi politik dan kami sangat menyadari ini, karena forum ini diikuti oleh berbagai pemimpin yang memiliki banyak pengikut, baik dari muslim, Hindu, Katolik, Protestan, Budha, dan lain-lain," kata Najib dalam Konferensi Pers R20 di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Selengkapnya di sini

3. Prabowo apresiasi keikutsertaan Singapura di Indo Defence 2022

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi keikutsertaan Singapura pada Indo Defence 2022 Expo and Forum di JIExpo Kemayoran mulai Rabu (2/11) hingga Jumat (5/11).

Saat menerima kunjungan kehormatan Menhan Singapura Ng Eng Hen di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa, Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ng Eng Hen dan delegasi atas partisipasi mereka pada pameran tahunan tentang industri pertahanan tersebut.

Selengkapnya di sini ​​​​​​​

4. R20 yakin nilai dan ajaran agama jadi inspirasi atasi masalah dunia

G20 Religion Forum (R20) meyakini nilai-nilai dan ajaran keagamaan dapat menjadi inspirasi untuk mengatasi sejumlah masalah dunia termasuk yang terkait dengan ekstremisme dan krisis ekonomi dan sosial.

Oleh karena itu, R20 menilai hasil pertemuan para pemuka lintas agama yang berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali, pada 2–3 November 2022 dapat menjadi masukan bagi para pemimpin G20 saat berupaya menyepakati solusi atas persoalan dunia di pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022.

Selengkapnya di sini

5. Wapres bertolak ke Timur Tengah untuk lakukan kunjungan kerja

Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas bertolak ke Timur Tengah, Selasa, untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, menyampaikan Wapres akan melakukan sejumlah agenda di Persatuan Emirat Arab (PEA) termasuk bertemu Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, kemudian akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP 27 di Mesir.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022