China menetapkan tujuan pembangunan masa depannya dengan perspektif jangka panjang dan melakukan upaya berkelanjutan untuk mencapainya
Beijing (ANTARA) - Partai Komunis China (CPC) menganut semangat reformasi diri dan di bawah kepemimpinannya, ekonomi China terus bergerak maju, kata Natsuo Yamaguchi, pemimpin partai koalisi yang berkuasa di Jepang, Komeito, dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Xinhua.

Dia memuji pencapaian pembangunan China yang luar biasa selama satu dekade terakhir.

"China menetapkan tujuan pembangunan masa depannya dengan perspektif jangka panjang dan melakukan upaya berkelanjutan untuk mencapainya," tutur Yamaguchi. "Partai Komeito terus memperhatikan dengan saksama kemajuan China dalam jalurnya menuju modernisasi," sebuah konsep penting yang disorot dalam laporan Kongres Nasional CPC ke-20.

Yamaguchi memperhatikan bahwa terlepas dari perbedaan sistem politik mereka, Jepang dan China harus bekerja sama atas dasar sikap saling menghormati dan nilai-nilai bersama umat manusia demi mewujudkan tujuan rakyat kedua negara dalam mencapai kebahagiaan, persahabatan yang baik, dan kemakmuran.

Berbicara mengenai harapannya terkait hubungan China-Jepang di masa depan, Yamaguchi mengatakan bahwa kedua pihak harus melakukan upaya aktif untuk memelihara hubungan bilateral yang baik, melakukan dialog dan pertukaran, terus memperkuat rasa saling percaya, serta menjaga dan membangun hubungan yang bersahabat, stabil, dan konstruktif.

Kedua belah pihak juga harus bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas dunia, lanjutnya.

Yamaguchi mengatakan dirinya berharap dapat mengonsolidasikan dan memperkuat hubungan persahabatan jangka panjang antara partai Komeito dan CPC, serta lebih lanjut memajukan kerja sama Jepang-China.

Diproduksi oleh Xinhua Global Service

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022