Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat bekerjasama dengan Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) memberantas peredaran narkoba di wilayah tersebut.

Kedua pihak memberikan pelatihan pencegahan narkoba "Technical Assistance Cadca" kepada masyarakat di Aula Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

"Untuk hari ini acaranya 'Technical Assistance Cadca'. Setelah kami memberikan pelatihan kemudian kita lihat hasil yang disampaikan dapat dikuasai atau tidak," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Granat Hillman Mushaddiq Suaidy saat diwawancarai di Jakarta, Kamis.

Hillman mengatakan, untuk mengantisipasi bahaya narkotika pihaknya mengajarkan berbagai cara untuk memahami lingkungan sekitar.

"Kita jangan bicara wilayah lain dulu, bicara dulu saja satu wilayah Menteng. Di satu wilayah ini ditemukan atau tidak adanya indikasi pemakai narkoba, kita akan teliti lagi dengan sistem yang kita punya," ungkapnya.

Ia melanjutkan, hal-hal seperti munculnya obat terlarang harus dilakukan penelitian.

Baca juga: Polrestro Jakpus gagalkan peredaran 1 kg sabu dari Medan
Baca juga: Kejari Jakpus musnahkan 31,8 kg narkoba dari perkara sepanjang 2021

Di tempat yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, dengan pelatihan ini, warga dapat menerapkan serta membentuk komunitas di lingkungan Rukun Tetangga (RT).

"Masyarakat diminta untuk ikut peduli terhadap kasus narkoba yang masih merajalela khususnya di wilayah Menteng," ujar Dhany Sukma.

Menurut Dhany, salah satu antisipasi dalam mencegah narkoba, yakni membangun gerakan bersama melalui suatu lembaga yang dinamakan koalisi.

Lembaga-lembaga yang berbasis komunitas seperti RT, Rukun Warga (RW), Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), membangun kebersamaan kemudian saling mengingatkan satu sama lain. "Kemudian lihat titik permasalahan utama orang terjerumus dalam narkoba itu," katanya.

Dhany menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama memberantas peredaran narkoba di lingkungan kecamatan maupun di tingkat kota.

"Jauhi narkoba, karena narkoba dapat menghancurkan kita semua, baik diri sendiri, keluarga maupun negara," katanya.

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022