Jakarta (ANTARA) -
Massa dalam aksi 411 memadati kawasan Tugu Arjuna Widjaja, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Jumat siang ini.

Dari pantauan di lokasi, massa mulai berkumpul di kawasan tersebut sekitar pukul 13.00 WIB setelah melakukan pawai dari kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat usai Shalat Jumat.
 
Jalan Medan Merdeka Barat telah dipasangi barikade oleh petugas kepolisian sehingga tidak ada kendaraan yang lewat di jalan tersebut.
 
Dari atas mobil komando, orator aksi mengajak massa untuk berdoa sebelum memulai aksi mereka.

Setelahnya, lantunan sholawat dan doa terus dibacakan dari atas mobil komando dan diselingi dengan nyanyian lagu-lagu kebangsaan.
 
Salah satu peserta aksi, Abdullah, mengatakan dirinya bersama beberapa rekan rombongan lain, telah berkumpul di kawasan Masjid  Istiqlal sejak Shalat Subuh dan berjalan ke kawasan yang juga dikenal dengan Patung Kuda itu selepas Shalat Jumat.

Meski dengan massa yang banyak, Abdullah berharap aksi kali ini berjalan damai.
 
Aksi ini sendiri, kata tokoh aksi 411 Habib Muhammad bin Husein Alatas dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (3/11) untuk menyuarakan aspirasinya terhadap pemerintah.

"Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu melaksanakan hak checks and balances terhadap jalannya pemerintahan melalui antara lain aksi turun ke jalan sebagai konsekuensi negara berdemokrasi," kata Muhammad.

Baca juga: Massa PA 212 gelar aksi di Patung Kuda Jakarta Pusat
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2022