Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memperbanyak penanaman pohon di wilayah Kecamatan Jagakarsa untuk menambah penghijauan di wilayah tersebut.

"Satu pohon di DKI Jakarta bisa menghidupi 10 nyawa manusia, makanya wajib memperbanyak pohon ini," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Munjirin memberikan motivasi kepada warga bersama-sama untuk terus menambah pohon guna mengurangi emisi karbon dan mempercantik lingkungan.

Munjirin berharap hasil pohon alpukat di Jagakarsa ini dapat dimanfaatkan oleh warga.
Selain buahnya dapat dimanfaatkan, pohon-pohon tersebut juga menyediakan oksigen untuk manusia sehingga lingkungan bisa terasa asri dan rindang.

"Gerakan menanam pohon ini memang sedang digencarkan di Pemprov DKI Jakarta, semoga Program Getok Tanam, yaitu satu rumah tanam satu pohon di Jagakarsa dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Pemkot identifikasi enam lokasi penanaman pohon di Palmerah
Baca juga: Wakil Wali Kota Jakbar instruksikan jajaran cari lokasi tanam pohon

Selain penanaman pohon, Munjirin menambahkan, pihaknya mencanangkan pengumpulan biji buah untuk ditanam kembali.

"Saya sudah mencanangkan kalau makan buah ada bijinya, jangan dibuang, tapi dikumpulkan. Lalu diserahkan ke Sudin KPKP Jaksel untuk disemai, kalau sudah tumbuh akan dikembalikan kepada masyarakat," katanya.

Lurah Cipedak, Fatihin menuturkan selain di tempat SPBU yang tidak terpakai, penanaman pohon juga dilakukan di RPTRA Cendekia, Aslih, dan RPTRA Gemilang dengan total 130 pohon.

"Alhamdulillah pohon didapatkan dari RT, RW, LMK dan lainnya di SPBU tidak terpakai ini ditanam 60 pohon alpukat," katanya.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022