Di Indonesia cukup banyak turnamen dan bisa melihat sejauh mana perkembangan prestasi
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 14 atlet wushu asal Malaysia beserta empat pelatih tengah berada di Indonesia untuk menjalani latihan bersama di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Pelatih tim wushu Malaysia Lim Yew Fai dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan latihan bersama atlet Indonesia ini sudah bergulir sejak 24 Oktober lalu.

"Kami sengaja datang ke Indonesia untuk menjalani latihan bersama selama dua pekan karena China sedang lockdown. Di Indonesia cukup banyak turnamen dan bisa melihat sejauh mana perkembangan prestasi," kata Lim Yew Fai.

Dari 14 atlet yang berlatih di Tanah Air, dua di antaranya adalah peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam yakni, Clement Ting Su Wei (Men’s Taolu Changquan) dan Tan Zhi Yan (Men’s Taolu Taijiquan).

Sementara itu, Pelatih Timnas Wushu Indonesia, Susyana Tjhan, mengatakan tidak ada masalah dengan latihan bersama Malaysia.

Dia menyebut, momen ini bisa menjadi masukan dan koreksi terhadap kekurangan-kekurangan atlet Indonesia dalam persiapan menghadapi SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja dan Asian Games XIX/2022 di Hangzhou, China, tahun depan.

Susyana juga mengaku tidak khawatir latihan bersama ini dapat membuat Malaysia melihat sejauh mana perkembangan prestasi atlet wushu Indonesia.

"Tak perlu khawatir karena saya yakin pelatih asal China Zhang Yue Ning mempunyai pengalaman melatih yang lebih banyak dan lebih matang juga," kata Susyana.

"Zhang sangat paham di mana harus diperbaiki dan bagaimana cara meningkatkan level permainan atlet-atlet Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: PB WI bentuk tim satgas demi prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior
Baca juga: Indonesia siapkan 49 atlet di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022