Yokosuka (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menilai partisipasi TNI Angkatan Laut (AL) dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-70 Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) merupakan salah satu bentuk diplomasi.

“Sudah menjadi kebiasaan kapal-kapal perang melakukan perjalanan juga berkunjung untuk melakukan kunjungan-kunjungan persahabatan,” kata Heri saat ditemui di Yokosuka, Prefektur Kanagawa, Jumat.

Menurut dia, alat diplomasi yang sangat penting adalah persahabatan di antara perwira ataupun prajurit militer itu sendiri guna mengurangi ketegangan-ketegangan yang mungkin akan timbul.

“Sehingga, fungsi kapal perang di mana pun di seluruh dunia pada masa damai itu adalah bagian dari diplomasi itu sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Laksma TNI Retiono Kunto berharap keikutsertaan TNI AL dalam International Fleet Review 2022 di Jepang dapat menjembatani diplomasi, terutama meningkatkan hubungan baik di antara para prajurit angkatan laut.

Retiono adalah ketua Delegasi Markas Besar AL untuk International Fleet Review 2022.

Selain itu, dia berharap partisipasi seperti itu dapat meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan, terutama dengan Jepang.

Retiono menyebutkan hingga saat ini sudah banyak kerja sama yang dijalin dengan Jepang, termasuk kerja sama latihan dan pertukaran perwira TNI AL.

“Banyak di antaranya juga yang sekolah NDU (National Defense University) Jepang,” ujarnya.

Perwakilan AL Indonesia yang diangkut dengan KRI Diponegoro-365 tiba di Jepang pada Selasa (1/11), disambut oleh Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kolonel Pnb Andi Nur Abadi. 

KRI Diponegoro-365 dipimpin oleh Letkol Laut (P) Kurniawan Koes Atmadja.

Sebanyak 108 anak buah kapal (ABK) yang dibawa KRI Diponegoro-365, termasuk 12 tim pendukung dari Kopaska, penyelam, intelijen, dan kesehatan, akan berlatih selama 45 hari.

Terdapat 40 kapal perang yang berpartisipasi dalam International Fleet Review 2022 di Jepang, di antaranya 40 kapal JMSDF dan 21 kapal negara peserta.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan multilateral, di antaranya latihan pencarian dan penyelamatan (search and rescue exercise), pada 6-7 November mendatang.


Baca juga: Awak KRI Diponegoro-365 ikuti parade angkatan laut di Jepang

Baca juga: KRI Diponegoro-365 tiba di Pearl Harbor


 

Personel KRI Diponegoro 365 simulasi pembajakan

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022