Yokosuka (ANTARA) - Awak KRI Diponegoro-365 mengikuti parade dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-70 Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF), Kamis (3/11).

Ketua Delegasi Markas Besar AL untuk International Fleet Review 2022 Laksma TNI Retiono Kunto di Yokosuka, Jumat, mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari International Fleet Review 2022 yang dilaksanakan rutin setiap tahun.

“Kegiatan ini sudah beberapa kali kita ikuti. Kita bergabung sebagai salah satu negara yang mengirimkan kapal dalam International Fleet Review 2022 di Jepang,” katanya.

Parade yang bertajuk “Yokosuka Parade” itu diikuti oleh 27 kelompok peserta dari sekitar 40 negara, termasuk marching band militer dari Jepang dan SMA Kota Yokosuka.

Iring-iringan parade dimulai sejak pukul 11.00-14.00 waktu setempat, dari titik awal Stasiun Keikyu Yokosuka Chuo kemudian ke Jalan Yokosuka Chuo Odori dan berlanjut ke Jalan Dobuita, Verni Park hingga Verny Commemorative Museum.

Pengunjung dari berbagai negara yang diperkirakan berjumlah sekitar 30.000 memadati sisi-sisi jalan dari titik awal hingga akhir parade.

Indonesia mengirimkan 17 orang, yakni 16 awak dan satu pemimpin pasukan dalam parade yang juga menampilkan budaya khas Nusantara.

Perwakilan negara lain ikut serta dalam parade, beberapa di antaranya yaitu India, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan Prancis.

KRI Diponegoro-365 tiba di Jepang pada Selasa (1/11) yang dipimpin oleh Letkol Laut Kurniawan Koes Atmadja yang disambut oleh Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kolonel Pnb Andi Nur Abadi.

Sebanyak 108 anak buah kapal (ABK) yang dibawa KRI Diponegoro-365 akan berlatih selama 45 hari, termasuk 12 tim pendukung dari Kopaska, penyelam, intelijen dan kesehatan.

Terdapat 40 kapal perang yang berpartisipasi dalam International Fleet Review 2022 di Jepang, di antaranya 40 kapal JMSDF dan 21 kapal negara peserta.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan multilateral, di antaranya latihan pencarian dan penyelamatan (search and rescue exercise) dan photo exercise pada 6-7 November mendatang.

Baca juga: TNI AL tampilkan budaya Indonesia di KRI Diponegoro-365 di Jepang
Baca juga: KRI Diponegoro-365 tiba di Pearl Harbor
Baca juga: KRI Diponegoro siap ikut Rimpac di Hawaii


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022