Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyatakan pemerintah akan terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif agar bisa naik kelas.

“Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) akan terus mendukung dan berusaha meningkatkan kualitas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia melalui event-event seperti ini dan juga salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” ujarnya saat menghadiri sebuah pameran di Jakarta, lewat keterangan resmi, Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut ia mengapresiasi pameran Brightspot Market 2022 yang menampilkan produk-produk UMKM dan merek lokal buatan anak bangsa.

Kata dia, lebih dari 99,9 persen pelaku usaha berasal dari UMKM. Sektor tersebut menyerap 97 persen dari total tenaga kerja nasional dan memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 57 persen.

Baca juga: Sandiaga ajak anak muda jadi wirausaha, perkuat RI hadapi resesi

“Fenomena ini menjelaskan bahwa UMKM merupakan usaha yang produktif untuk mendukung perekonomian secara makro dan mikro di Indonesia, serta mempengaruhi sektor-sektor yang lain agar turut berkembang,” ucap Angela.

“Saya berharap para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia dapat melihat ini sebagai peluang, sehingga dapat mengambil peran dalam pengembangan UMKM,” ungkap dia.

Saat hadir di pameran yang berlangsung pada 3-6 November 2022 itu Wamenparekraf mencicipi beberapa produk dari pelaku UMKM salah satunya minuman kopi kekinian yang semakin digandrungi generasi muda.

Pameran yang diikuti 200 peserta itu menghadirkan produk lokal yang telah dikurasi di beberapa kategori seperti ritel dan kuliner. Konsumen pameran diarahkan untuk memilih produk lokal dibanding produk luar sebagai bentuk pemberdayaan sumber daya dalam negeri dan menumbuhkan rasa bangga terhadap produk lokal.

Baca juga: Sandiaga ajak anak muda jadi wirausaha, perkuat RI hadapi resesi

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022