Selain bawang putih yang pasokannya menurun, bahan kebutuhan pokok lainnya cukup tersedia.”
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan mengemukakan pasokan bahan kebutuhan pokok pada bulan puasa meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011.

Siaran pers Kementerian Perdagangan yang diterima ANTARA menyebutkan menteri mengemukakan hal tersebut saat mengunjungi Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang, Kamis (19/7).

Mendag berkunjung ke pasar itu untuk meninjau perkembangan harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di pasar tersebut.

Menteri Gita Wirjawan mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok.

“Pembelian yang berlebihan malah akan memicu kenaikan harga. Selain bawang putih yang pasokannya menurun, bahan kebutuhan pokok lainnya cukup tersedia,” tegasnya.

Menurut Mendag, harga bahan kebutuhan pokok, terutama beras, minyak goreng dan tepung terigu juga relatif stabil menjelang puasa dan lebaran tahun ini.

“Bahan kebutuhan pokok lainnya di tingkat nasional yang mengalami penurunan harga minggu ini dibandingkan minggu lalu adalah cabe merah keriting, telur ayam kampung, bawang merah dan daging ayam kampung. Di sisi lain, kenaikan harga di atas 2% terjadi pada daging ayam broiler sebesar 4,75% dan daging sapi sebesar 2,05%,” tambah Mendag.

Untuk pemantauan di Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang, Mendag menemukan bahwa harga cukup stabil. Harga beras, misalnya, tidak mengalami perubahan sedikitpun dari minggu lalu.

“Komoditas lainnya yang tidak mengalami perubahan harga jika dibandingkan minggu lalu adalah cabe biasa seharga Rp.13.500/kg dan bawang merah seharga rp. 6.500/kg,” ujarnya.

(A038)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012