saat ini menjadi fungsi yang utama di Polri
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan (Polres Jaksel) mengadakan pelatihan jurnalisitik kehumasan guna meningkatkan kemampuan berkomunikasi jajarannya dengan masyarakat.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa, mengungkapkan, bahwa saat ini fungsi kehumasan menjadi salah satu fungsi utama dari Polri.

“Kami sadari bahwa fungsi humas saat ini menjadi fungsi yang utama di Polri," kata Ade.

Oleh karena itu, kata Ade, ada harapan di tengah masyarakat bahwa ada ruang dialog dan komunikasi melalui akun-akun resmi media sosial milik Polres dan milik pribadi personel Bhabinkamtibmas, termasuk milik pribadi menjadi lebih terbuka.

Menurut Ade, fungsi kehumasan menjadi fungsi utama dari Polri saat ini, selain Keamanan, Ketertiban, Intelijen, Penegakan Hukum dan Pelayanan.

Baca juga: Bhabinkamtibmas di Jaksel diminta bekerja sesuai jam rawan

Ke depannya, Ade berharap jajarannya akan lebih baik lagi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, terutama dengan cara-cara yang humanis dan profesional.

“Tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan di bidang jurnalistik kehumasan. Kami harapkan nara sumber nanti juga mencurahkan semua ilmunya, sehingga rekan-rekan saya, Humas dan Bhabinkamtibmas ini bisa menyosialisasikan kegiatan yang sudah dilakukan secara menyebar luas dengan pemanfaatan teknologi informasi,” ujarnya.

Ade menambahkan dengan penyampaian informasi yang baik, maka masyarakat juga dapat mengetahui bahwa kepolisian telah berupaya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang lebih baik lagi.

“Kami berharap rekan-rekan kami yang mengikuti pelatihan ini meningkat kemampuannya, sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya keamanan dan ketertiban masyarakat di Jaksel bisa lebih baik,” katanya.

Pelatihan jurnalistik kehumasan ini digelar berkat kerja sama Polres Metro Jaksel dan Pokja Wartawan Jaksel.

Baca juga: Polisi sambangi ratusan RW dengar langsung keluhan kamtibmas warga

Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut yakni penulisan berita online, pengambilan sudut foto, penulisan media sosial dan pengambilan gambar video.

Adapun para nara sumber adalah Koordinator Liputan Metropolitan Kantor Berita ANTARA Taufik Ridwan, Fotografer Rakyat Merdeka yang juga Koordinator Antar Lembaga Pewarta Foto Indonesia Dwi Pambudo, Jurnalis Narasi TV Isa Ansori dan Jurnalis Inews TV Helmy Novly Sajangbati.

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022