Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah mendorong agar kaum muda di daerah setempat terus memacu diri dan berkembang, disertai semangat maupun jiwa kewirausahaan atau 'entrepreneurship'.

"Kewirausahaan merupakan kemampuan menciptakan nilai, dengan mengelola sumber daya yang ada dan berani mengambil risiko,” kata Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa.

Yulistra Ivo menekankan dalam kewirausahaan harus mengedepankan kreativitas dan inovasi, serta sangat berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi kreatif.

Hal itu dia sampaikan saat menjadi narasumber dalam lokakarya pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Poltekkes Kementerian Kesehatan Palangka Raya.

Kaum muda, harus mampu melihat berbagai peluang yang tersedia di daerah maupun lingkungan sekitar dan kemudian memanfaatkannya untuk bisa semakin berkembang serta bernilai. Hingga pada akhirnya memberikan manfaat dan peningkatan kesejahteraan.

"Dalam kesempatan ini, saya turut mengapresiasi kepada Poltekkes Kemenkes Palangka Raya yang tidak hanya menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan, tetapi juga mendorong mahasiswanya untuk memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship," terangnya.

Di antaranya dengan mendorong para mahasiswa berinovasi menghasilkan produk-produk makanan serta lainnya yang bisa menciptakan lapangan kerja baru.

"Selain menjadi tenaga kesehatan, mereka juga bisa berwirausaha dengan memiliki produk jajanan sehat bagi masyarakat," kata Yulistra Ivo.

Lebih lanjut dia mengingatkan para kaum muda ataupun mahasiswa, untuk memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat guna memulai langkah sebagai wirausaha maupun mendukung usaha yang telah dijalankan.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah bersama pemerintah daerah siap mendukung serta membantu memfasilitasi generasi muda di Kalteng, agar terus tumbuh dan berkembang melalui berbagai program dan kegiatan yang dimiliki, sehingga menjadi wirausaha muda yang turut berpartisipasi dalam mendukung perkembangan ekonomi daerah.

Baca juga: Kalteng promosikan produk unggulan daerah dalam pameran nasional
Baca juga: Kejuaraan dunia sepeda MTB di Kalteng jadi sarana promosi IKM

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022