Masih terlihat tren kasus berdasarkan hasil monitoring mingguan masih naik terus
Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (8/11) yang menarik dan layak dibaca pada Rabu pagi ini, di antaranya gerhana bulan total dan peningkatan kasus COVID-19 yang masih terkendali.


Gerhana bulan total aman disaksikan dengan mata telanjang

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan gerhana bulan total pada 8 November 2022 aman disaksikan dengan mata telanjang.

Seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu dapat mengamati puncak gerhana bulan total pada pukul 18.00 WIB.


Menkes sebut peningkatan kasus COVID-19 Indonesia masih terkendali

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan peningkatan angka kasus COVID-19 karena pengaruh Subvarian Omicron terbaru di Indonesia masih dalam situasi terkendali berdasarkan indikator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Masih terlihat tren kasus berdasarkan hasil monitoring mingguan masih naik terus. Tiga pekan terakhir ini naik dari semula 18 persen, 40 persen, naik lagi 56 persen dan belum sampai ke puncak," katanya dalam Rapat Kerja Kemenkes bersama Komisi IX DPR RI yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Selasa.


Sebanyak 65,49 juta penduduk RI mendapatkan vaksinasi dosis penguat

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 65.486.977 (65,49 juta) penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis penguat berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga Selasa pukul 12.00 WIB.

Data Kemenkes yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan jumlah tersebut bertambah sebanyak 107.861 penduduk dibandingkan hari sebelumnya.


BPOM: Ada dua lagi perusahaan farmasi melanggar CPOB

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan ada dua lagi perusahaan farmasi yang melanggar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

"Jadi kami akan informasikankan besok hari Rabu (9/11) ada konferensi pers, yakni tambahan adanya industri farmasi yang juga tidak memenuhi ketentuan. Ada tambahan dua," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.


10 juta dosis vaksin COVID-19 dalam negeri mulai disuntikkan bulan ini

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan sekitar 10 juta dosis vaksin COVID-19 produksi dalam negeri mulai disuntikkan kepada masyarakat sasaran pada bulan November ini untuk memenuhi kebutuhan dosis penguat atau booster.

"November ini kami harapkan ada 5 juta dosis vaksin dalam negeri yang bisa kita pakai dan Desember juga ada 5 juta dosis lagi. Sehingga total yang bisa dibeli dan dimanfaatkan tahun ini 10 juta dosis," kata Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Selasa.


BMKG: Waspadai pasang air laut semasa gerhana bulan total

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah pesisir mewaspadai pasang air laut semasa fenomena gerhana bulan total pada 8 November 2022.

"Masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut perlu mewaspadai terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang normalnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Dr. Muzli, M.Si. saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022