Negara-negara anggota SCO tertarik menggunakan keunggulan ini untuk lebih mengembangkan hubungan ekonomi mereka
Moskow (ANTARA) -  Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov pada Selasa (8/11) memuji peran Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO) dan menyuarakan keyakinan dalam perkembangan SCO di masa depan.

SCO telah menyelesaikan tugas sejatinya untuk memastikan ketertiban di perbatasan antara negara-negara Asia Tengah, China, dan Rusia, kata Lavrov di Moskow, dalam sebuah konferensi pers setelah pembicaraan dengan Menlu India Subrahmanyam Jaishankar.

"Seiring dengan perkembangannya, SCO mulai memberikan perhatian lebih untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman baru, seperti terorisme, separatisme, dan ekstremisme, serta untuk menggunakan keunggulan komparatifnya yang terletak di sebagian besar Benua Eurasia," kata Lavrov.

"Negara-negara anggota SCO tertarik menggunakan keunggulan ini untuk lebih mengembangkan hubungan ekonomi mereka, memperluas arus perdagangan dan menciptakan infrastruktur transportasi tambahan yang akan meminimalkan biaya dan, dengan demikian, meningkatkan keuntungan serta manfaat dari masing-masing negara," imbuhnya.

Lavrov mengatakan penggunaan Rute Laut Utara, sebuah jalur pelayaran di Arktik yang menghubungkan wilayah Rusia di bagian Eropa dengan Timur Jauh, akan membuka prospek yang mengesankan bagi SCO.

Lavrov juga mengatakan bahwa kerja sama di bidang budaya dan kemanusiaan tengah berkembang dalam kerangka kerja SCO. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022