Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di London menggelar acara seni budaya Indonesian Night, pada Selasa malam (8/11) di Central Hall Westminster, yang dihadiri sekitar 1.700 orang penonton.

Pagelaran Indonesian Night itu merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Experience Indonesia yang diselenggarakan untuk mempromosikan Indonesia di Inggris dalam berbagai aspek, demikian menurut keterangan KBRI London pada Kamis.

"Selamat datang di Experience Indonesia: Indonesian Night. Ini persembahan kami sebagai bentuk syukur atas kesehatan dan kekayaan Indonesia yang ingin kami bagikan untuk dunia," kata Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya saat membuka acara dalam balutan pakaian khas NTT karya UMKM Bank Indonesia.

Desra mengatakan bahwa semakin banyak masyarakat Inggris yang kenal sisi indah Indonesia, maka semakin mempererat hubungan kedua negara.

"Untuk itu, salah satu tugas utama saya dan KBRI London adalah memastikan posisi Indonesia dalam memori dan relung hati publik Inggris," ujarnya.

Acara Indonesian Night itu dihadiri para penonton dari kalangan masyarakat setempat, diaspora, pengusaha, media hingga korps diplomatik di Inggris.

Menteri Negara Inggris Baroness Neville-Rolfe hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara itu.

"Indonesia memang aktor berpengaruh dalam percaturan global dan Inggris menganggap Indonesia sebagai mitra penting. Kami ingin jaga dan terus perkuat kemitraan ini melalui peningkatan investasi, kerja sama pariwisata dan transisi energi terbarukan," kata Neville-Rolfe.

Beragam kekayaan seni dan budaya Indonesia pun ditampilkan pada acara Indonesian Night.

Para penampil dari Banyuwangi the Sunrise of Java --yang terdiri atas pelajar SMA bertalenta binaan pemerintah Kabupaten Banyuwangi-- menghibur penonton dengan tari Gandrung, Rodat Syi’iran, dan Jakripah, yang berlatar gamelan.

Sementara Paguyuban Citra --sebuah sanggar seni budaya yang telah tampil di berbagai panggung mancanegara-- membawakan tari Gending Sriwijaya, Saman, serta Bubuka.

Pada pagelaran seni itu, sejumlah produk kerajinan batik UMKM binaan Bank Indonesia dari berbagai penjuru Tanah Air pun diperkenalkan dan dipromosikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Berbagai kain khas Nusantara seperti songket motif Nago Besaung, tenun motif Mamoli, serta ulos motif Ulos Sadum dikenakan oleh tamu undangan.

Mantan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan diaspora ilmuwan Indonesia pemegang paten produksi vaksin AstraZeneca Carina Joe turut mengenakan kain kerajinan batik hasil karya UMKM Indonesia.

Experience Indonesia merupakan kegiatan promosi terpadu yang menjadi unggulan KBRI London dan dilaksanakan selama tiga hari pada 6-8 November.

Kegiatan Experience Indonesia terselenggara atas kerja sama KBRI London dengan Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Indonesia, serta berbagai mitra di Indonesia dan Inggris.

Baca juga: KBRI London gelar "Experience Indonesia" pada November
Baca juga: KBRI London promosikan kopi khas Indonesia di Inggris
Baca juga: KBRI London gelar lokakarya membatik untuk masyarakat Inggris

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022