dilakukan setiap hari di sepuluh kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur sudah memangkas sebanyak 20.836 pohon sepanjang Januari hingga Oktober 2022.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin  mengatakan kegiatan itu dilakukan setiap hari di sepuluh kecamatan.

“Penopingan pohon kita lakukan setiap harinya secara bergantian. Karena tenaga terbatas maka kita berdayakan satgas yang ada di sepuluh kecamatan, untuk percepatan penanganan,” kata Djauhar Arifin di Jakarta, Kamis.

Djauhar menambahkan kegiatan itu dilakukan selain mencegah terjadinya kasus pohon tumbang juga bisa mengoptimalkan pencahayaan lampu penerang jalan umum (PJU).

Sebab, dia mengatakan banyak ditemukan daun dan batang pohon yang kerap menutupi PJU sehingga mengganggu penerangan jalan bagi masyarakat yang beraktivitas.

Djauhar menjelaskan ada tiga kriteria pemangkasan pohon, mulai dari yang ringan, sedang hingga berat.

Pemangkasan ringan dilakukan pada ranting kecil agar terlihat indah, berbentuk dan lebih remaja. Selanjutnya untuk pemangkasan sedang diprioritaskan pada cabang-cabang agar lebih indah bentuknya.

Sedangkan untuk kategori pemangkasan berat dilakukan dengan cara meringankan beban pohon.

Dari 20.836 pohon yang sudah dipangkas ringan sebanyak 6.990 pohon, sedang 7.499 pohon, dan berat 6.347 pohon.

Rincian dari pohon yang dipangkas berdasarkan bulan, 1.596 pohon (Januari), 2.435 pohon (Februari), 1.657 pohon (Maret), 1.169 pohon (April), 1.844 pohon (Mei), 2.034 pohon (Mei), 2.329 pohon (Juli), 2.504 pohon (Agustus), 2.680 pohon (September) dan 2.588 pohon (Oktober).

"Kegiatan ini melibatkan semua pihak termasuk dari pihak kecamatan," ujar Djauhar.
Baca juga: Pemkot Jaktim kerahkan petugas gabungan pangkas pohon di Ciracas
Baca juga: Jakarta Timur gencarkan pemangkasan untuk antisipasi pohon tumbang
Baca juga: 70 personel dikerahkan pangkas pohon di Jakpus

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022