Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengerahkan 26 petugas gabungan untuk memangkas sejumlah pohon yang rindang di Jalan Raya Jambore dan Jalan Masjid Fathur Ghofur, Cibubur, Kecamatan Ciracas.

Kasi Ekbang Kelurahan Cibubur, Heru Kristianto mengatakan pemangkasan pohon rindang itu menindaklanjuti instruksi dari Wali Kota Jakarta Timur.

Baca juga: Jakarta Timur gencarkan pemangkasan untuk antisipasi pohon tumbang

"Ini untuk pencegahan kasus pohon tumbang saat musim hujan," kata Heru Kristianto di Jakarta, Kamis.

Heru menambahkan bahwa ada lima pohon jenis mahoni dan kapuk yang dipangkas di dua lokasi tersebut.

Ketinggian pohon yang dipangkas itu rata-rata sekitar 10-15 meter. Pemangkasan pohon mengerahkan petugas gabungan dari PPSU dan Satgas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur.

Dia mengatakan untuk pemangkasan pohon pada dua lokasi itu juga mengerahkan satu unit mobil tangga untuk menjangkau pohon yang tinggi.

Selain itu, pengerahan mobil tangga juga untuk keselamatan petugas gabungan yang melakukan pemangkasan pohon tersebut.

Baca juga: 70 personel dikerahkan pangkas pohon di Jakpus

"Seluruh batang pohon yang telah dipotong langsung dinaikkan ke truk untuk dibuang ke tempat penampungan sampah terdekat," ujar Heru.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Timur menggencarkan kegiatan pemangkasan sebagai antisipasi pohon tumbang saat musim hujan saat ini.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin mengatakan, pemangkasan pohon terbagi dalam beberapa jenis seperti pemangkasan ringan dilakukan pada ranting kecil agar terlihat indah, berbentuk dan lebih remaja.

Selanjutnya untuk pemangkasan sedang diprioritaskan pada cabang-cabang agar lebih indah bentuknya. Sedangkan untuk kategori pemangkasan berat dilakukan dengan cara meringankan beban pohon.

Baca juga: Jakarta Timur pangkas 10.015 pohon sejak Januari 2022

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022