Jambi (ANTARA) - Boslan Tobing (45) seorang seniman lokal melakukan aksi mural pada tembok dinding di Lr Harmoni Jl Cendrawasih ,
​​​​Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi dengan melukis gambar pahlawan dengan menggunakan cat lukis tembok sepanjang 65 meter.

Ditemui di lokasi aksi mural nya tersebut, Boslan Tobing alias Ucok Tato, Kamis mengatakan bahwa aksinya ini dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November, saya didukung penuh warga Lr Harmoni melukis mural wajah tokoh para pahlawan di tembok.

"Aksi saya dan warga khususnya pemuda setempat atas dasar kecintaan kami kepada pahlawan dan sekaligus mengenal dan mengenang jasa para pahlawan khususnya bagi anak-anak di lingkungan Kelurahan Pasir Putih yang mungkin sampai saat ini tidak mengetahui wajah para pahlawan nasional khususnya dari Jambi," katanya.

Ditambah lagi saat ini para generasi muda khususnya anak-anak mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA sederajat yang krisis pengetahuan tentang sejarah khususnya para pahlawan nasional khususnya dari Jambi seperti Sultan Thaha yang wajahnya dilukis pertama kali di dinding dalam bentuk lukisan mural.

Baca juga: Raden Mattaher asal Jambi akan diberi gelar pahlawan nasional

Baca juga: Hari Pahlawan saatnya sejahterakan rakyat


Ucok mengatakan, dengan adanya gambar wajah para pahlawan itu diharapkan ke depannya para generasi muda bisa mengetahui nama dan wajahnya sehingga tidak lupa akan sejarah bangsa Indonesia ini khususnya Provinsi Jambi.

Dengan gambar wajah bisa menarik para generasi muda Jambi untuk bisa mengetahui sejarah dan tokoh atau pahlawannya dan rencananya lukisan mural wajah pahlawan dari Jambi Sultan Thaha akan dilihat dan ditanda tangani langsung oleh cucu pahlawan nasional asal Jambi tersebut.

Ucok juga mengharapkan kepada pemerintah untuk kembali menggelorakan pengenalan tokoh pahlawan nasional kepada generasi muda dan diharapkan dengan pengenalan ini para generasi muda akan lebih menghargai jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

Kreativitas Ucok bersama sang istri dan pemuda setempat kini menjadi perhatian masyarakat Jambi dimana tembok yang tadinya hanya bercat putih polos kini diubah menjadi lukisan mural para tokoh pahlawan nasional hingga pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia yang berasal dari Provinsi Jambi dan tokoh nasional lainnya.

Beberapa pahlawan yang menjadi tokoh mural, yakni Presiden pertama RI Soekarno, pahlawan emansipasi wanita RA Kartini, proklamator kemerdekaan Mohammad Hatta, pahlawan kemerdekaan asal Provinsi Jambi Raden Mattaher dan sejumlah tokoh pahlawan lainnya dari Jambi.

Sementara itu Ketua RT02 Kelurahan Pasir Putih Kota Jambi Emiyati mengatakan kegiatan ini spontanitas dilakukan warga untuk memperingati hari pahlawan serta untuk mengedukasi generasi muda agar dapat lebih mudah memahami dan mengenal siapa saja pahlawan RI.

"Kami juga berterima kasih kepada bang Boslan Tobing merupakan seniman Jambi yang mau sengaja melukis mural tokoh pahlawan di tembok dinding lorong sepanjang 65 meter, " katanya.

Dalam waktu satu bulan dikerjakannya bersama istrinya dan dibantu para pemuda setempat dan puncaknya pada hari Pahlawan seluruh lukisan sudah selesai dikerjakannya dengan jumlah gambar puluhan pahlawan nasional termasuk dari Jambi, katanya.

Baca juga: Ikut tangani COVID-19, BPOM Jambi terima penghargaan di Hari Pahlawan

Baca juga: Kota Jambi berikan tali asih kepada veteran



 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022