Jakarta (ANTARA) - Grup vokal dan tari asal Jepang J SOUL BROTHERS III from EXILE TRIBE akan kembali menghadirkan single terbaru berjudul "STARS" pada 1 Februari 2023 yang menandai comeback mereka sejak perilisan single "JSB IN BLACK" pada Juli 2021.

Para personel grup melalui siaran langsung di Youtube bertajuk "J SOUL BROTHERS III LIVE STREAMING JSB IS BACK " pada Kamis (10/11), mengatakan, selain "STARS", single ini juga memuat "REPLAY" yang menjadi lagu tema film "Sadako DX", juga "この宇宙の⽚隅で" atau "In This Corner of the Universe" (terjemahan literal), dan lagu lainnya yang belum terungkap.

Selain tentang single baru, dalam siaran langsung yang diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun debut grup ke-12 itu, JSB III juga mengungkapkan rencana perilisan film pertama berjudul "JSB3 LIVE FILM / RISING SOUND".

Baca juga: "Paradox Live" diadaptasi jadi anime dan game

Film ini memuat pertunjukan langsung dan daring grup pada tahun 2020, yakni "LIVExONLINE" sebagai pertunjukan daring pertama (7 Juli 2020), "LIVExONLINE IMAGINATION" sebagai pertunjukan langsung terbaik (26 September 2020), "LIVExONLINE INFINITY~JSB HISTORY~" sebagai debut 10 tahun (10 November 2020), dan "LIVExONLINE BEYOND THE BORDER" sebagai projek spesial Natal (24 Desember 2020).

Keempat pertunjukan tersebut akan diremix secara khusus ke dalam Dolby Cinema. Adapun jadwal penayangan secara eksklusif di Dolby Cinema pada 6 Januari 2023 dan disiarkan di bioskop Jepang pada 13 Januari 2023.
 

Kemudian, para personel grup juga mengumumkan gelaran tur nasional "J SOUL BROTHERS III LIVE TOUR 2023 'STARS' ~ Land of Promise ~" yang dimulai pada 18 Februari 2023 di Ecopa Arena, Shizuoka, Jepang, dilanjutkan pertunjukan lain di beberapa kota Jepang.

Dalam siaran itu, diputar video berdurasi 3:25 menit yang bercerita tentang waktu dan kenangan terhenti dan menghilang di dalam sebuah keheningan. Saat itu, dunia telah berkarat dan orang-orang memulai dari awal di tanah yang dijanjikan.

Personel J SOUL BROTHERS III disimbolkan dengan tujuh mawar beraneka warna mewakili kata miracle, hope, dignity, trust, modesty, friendship, dan love serta para penggemar atau MATE digambarkan seperti mawar putih bermakna saling mencintai dan janji.
 

J SOUL BROTHERS III kemudian secara resmi mempublikasikan visual tongkat cahaya atau lightstick berbentuk mawar putih dengan tulisan "MATE".

J SOUL BROTHERS III beranggotakan tujuh personel yakni Naoto, Naoki Kobayashi, Takanori Iwata, Hiroomi Tosaka, Kenjiro Yamashita, ELLY, dan Ryuji Imaichi. Mereka bernaung di agensi LDH JAPAN dan label musik rhythm zone, melakukan debut mereka pada 10 November 2010 dengan single "Best Friend's Girl".

Baca juga: Takanori Iwata J SOUL BROTHERS III bicara karir sebagai solois

Baca juga: Nada tinggi JO1 berpadu melodi tempo cepat di versi baru Move The Soul

Baca juga: CEO agensi OMEGA X mundur karena kontroversi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022