Jakarta (ANTARA) - Perkembangan bisnis juga terpengaruh dengan kemajuan teknologi. Sehingga jangan heran, jika dengan mengikuti perkembangan teknologi maka akan memberikan dampak kemajuan penjualan bagi pelaku bisnis.

Tak dapat dipungkiri sekarang ini gaya hidup masyarakat mulai bergeser kepada hal yang berbau digital atau online, salah satunya adalah belanja online, atau masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan cepat dan efisien.

Jika kamu memiliki toko retail, minimarket, atau mungkin bisnis jasa lainnya, maka sudah waktunya menggunakan aplikasi kasir yang dapat memberikan banyak keuntungan dalam mengelola bisnis. Karena memiliki banyak fitur yang akan memudahkan operasional bisnis.

Siapa yang tidak ingin bisnisnya berkembang? Semua pelaku bisnis pasti ingin usahanya semakin tumbuh, sayangnya keinginan ini terkadang tidak diselesaikan dalam persiapan sejak awal. Persiapan yang kami yakini perlu dilakukan sejak awal adalah dari segi pengelolaan keuangan dan bisnis.

Karena masalah pembukuan dan keuangan merupakan bagian yang sangat penting dalam bisnis. Diperlukan juga tenaga kerja khusus untuk mengelola bagian ini. Tetapi dengan adanya aplikasi kasir ini bisa menjadi solusi.

Karena akan tiba saatnya ketika kamu sangat direpotkan dengan pekerjaan pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Apalagi jika fokusnya mulai terbagi baik untuk menangani perkembangan bisnis atau menyusun strategi marketing dalam persaingan pasar.

Perubahan pembukuan manual kepada Point of Sale (POS)

Berbicara perubahan teknologi maka tentu kamu akan mengingat terkait dengan pembukuan konvensional yang memerlukan waktu yang lama ditambah ketelitian untuk menghasilkan laporan keuangan yang benar.

Tetapi sekarang pergeseran pembukuan konvensional telah menuju aplikasi point of sale atau aplikasi kasir. Dalam aplikasi kasir juga terdapat fitur buku akuntansi yang dapat kamu gunakan dalam mengelola keuangan baik pemasukan atau pengeluaran.

Karena buku akuntansi itu sendiri berfungsi sebagai perhitungan dan mencetak kwitansi. Namun seiring berjalannya waktu, Point of Sale (POS) telah berkembang dan memiliki banyak fitur dan fungsi. Tentunya software akuntansi ini juga memiliki teknologi yang lebih baik.

Keuntungan aplikasi kasir dalam bisnis

Tidak ada salahnya jika kamu beralih ke aplikasi kasir atau POS ini. Karena dengan menggunakan aplikasi kasir maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti:

1. Bekerja efisien waktu

Bayangkan jika kamu memiliki banyak pelanggan di toko dan mereka akan mengantri di kasir. Kemudian akuntan selalu menggunakan software akuntansi manual. Tentu saja akan memakan waktu dan proses pemasaran akan memakan waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan kepuasan pelanggan jadi berkurang dan ada kemungkinan tidak akan balik lagi.

Tetapi jika kamu menggunakan aplikasi kasir yang hanya memindai barcode, proses checkout akan lebih cepat, sehingga pelanggan tidak harus antri dan menunggu lama ketika harus membayar. Dari segi psikologi, konsumen juga akan merasa puas karena dapat dengan mudah dibekali dengan perangkat akuntansi keuangan modern.

2. Minimalisir kesalahan

Menghitung total belanja dari seorang pembeli tentu akan menyita konsentrasi, waktu dan pikiran. Bahkan terkadang ketika kamu telah berhati-hati, maka bisa memungkinkan terjadinya kesalahan. Bagaimanapun kamu harus berhati-hati.

Menebak-nebak bisa berakibat fatal dan bisa merusak reputasi bisnis. Tetapi dengan menggunakan aplikasi kasir maka akan menjadi solusi para pelaku usaha terhadap kesalahan dalam pembukuan, Karena perhitungan semuanya sudah dilakuan secara digital.

Hanya barang yang dibeli yang diperiksa dan muncul di komputer, dan akan dihitung oleh komputer. Oleh karena itu, kesalahan perhitungan tidak akan terjadi jika kamu menggunakan aplikasi kasir yang akan membawa keuntungan baik bagi pelaku usaha atau pelanggan.

Jika tidak terjadi kesalahan ketika membayar dikasir, tentu akan memuaskan pelanggan. Tetapi jika mengalami kesalahan dalam pembayaran, seperti harga terdapat selisih maka akan menimbulkan kesan negatif terhadap bisnis kamu.

3. Gampang cek stok

Aplikasi kasir memiliki banyak fitur yang mendukung sebuah operasional bisnis. Salah satu fitur software akuntansi adalah kamu dapat langsung mengetahui jumlah stok barang yang ada pada gudang. Karena pada aplikasi kasir akan terus mengupdate semua perubahan barang.

Ketika suatu barang laku terjual, maka secara otomatis jumlah stok yang berada di gudang juga akan berkurang. Hal ini tentu dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengecek stok barang yang ada di dalam gudang.

Jadi ketika ada barang masuk dan keluar, maka kamu bisa mendapatkan data langsung dari aplikasi ini. Ini berarti kamu dapat memeriksa inventaris kapan saja. Cukup buka aplikasi dan lihat item mana yang hampir tersedia.

4. Multi payment

Kemajuan teknologi membuat masyarakat mulai beralih kepada uang digital. Mereka sudah mulai meninggalkan uang cash. Karena dengan menggunakan aplikasi kasir, maka telah di program untuk menerima segala jenis pembayaran apa pun.

Artinya, mereka mulai meninggalkan uang tunai dan menggunakan metode pembayaran tanpa uang tunai seperti kartu debit/kredit, uang elektronik, dll. Sekarang, ini juga terjadi dengan perangkat lunak akuntansi modern. Rencana yang sudah ada sebelumnya dapat digunakan untuk menerima pembayaran.

5. Kemudahan melihat laporan

Dengan menggunakan aplikasi kasir tentu kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat cepat. Salah satunya bisa melihat laporan penjualan dan pengeluaran kapan saja dan dari mana saja. Hal ini tentu akan membuat waktu kamu lebih efisien.

Karena dalam aplikasi kasir di program untuk mencatat semua transaksi, baik itu pemasukan atau pengeluaran belanja. Sehingga software akan dengan cepat memberikan laporan keuangan berbentik penjualan dalam waktu harian, mingguan, ataua bulanan.

Bahkan sekarang sudah banyak aplikasi kasir yang menyertakan fitur laporan keuangan. Sehingga laporan akuntansi dapat dikonsultasikan secara langsung.

6. Bangun kepercayaan pelanggan

Dengan menggunakan perangkat aplikasi kasir/POS akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kamu dengan cara yang tidak salah lagi. Hal ini dikarenakan aplikasi kasir dapat memberikan kecepatan dan keakuratan hasil dan perhitungan.

Untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan santai selama proses pembelian. Misalnya, jika dua toko ritel terletak bersebelahan, tetapi satu masih menggunakan mesin kasir manual dan yang lain menggunakan mesin kasir modern, maka pelanggan tentu akan memilih berbelanja pada toko yang telah menggunakan aplikasi kasir karena kecepatan pelayananya.

Dari keuntungan penggunaan aplikasi kasir yang dapat mendukung kegiatan operasional bisnis, maka ada beberapa aplikasi kasir di pasaran. Tetapi sebagai rekomendasi majoo Indonesia merupakan aplikasi kasir terbaik yang memiliki banyak fitur.

Majoo adalah aplikasi kasir untuk membantu operasional bisnis yang kamu jalani. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang lengkap, satu alat untuk semua solusi untuk semua jenis bisnis. Satu aplikasi dengan banyak fungsi, satu harga untuk semua kebutuhan bisnis.

Majoo memberikan semua layanan bagi pelanggannya yang terdiri dari aplikasi kasir keuangan online, aplikasi kasir pemasaran, aplikasi kasir pembukuan dan akuntansi, aplikasi kasir kehadiran dan absensi karyawan, aplikasi kasir CRM dan aplikasi kasir yang berfungsi untuk menganalisis bisnis.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022