Kathmandu (ANTARA) - Festival Sama Chakeva yang digelar oleh masyarakat Tharu di Kathmandu, Nepal, pada 8 November adalah festival untuk merayakan hubungan kasih sayang antara saudara laki-laki dan saudara perempuan.

Dalam festival ini, seperti dilansir Xinhua, Jumat, mereka memanjatkan doa untuk umur yang panjang, kesehatan, dan kemakmuran.

Para perempuan membuat patung kecil dari tanah liat dengan mengambil bentuk dari karakter-karakter yang disebutkan dalam kisah Sama Chakeva. Mereka berkumpul di dekat ghats (jalan) menuju chhath (festival) sambil membawa keranjang berisi patung kecil Sama dan Chakeva, lilin, kohl (kosmetik tradisional untuk mata), dan peralatan sehari-hari yang terbuat dari tanah liat untuk perayaan.
 
Sejumlah perempuan yang memakai pakaian tradisional ambil bagian dalam perayaan Festival Sama Chakeva di Kathmandu, Nepal, pada 8 November 2022. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Seorang perempuan membuat patung kecil dari tanah liat saat Festival Sama Chakeva di Kathmandu, Nepal, pada 8 November 2022. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Sejumlah perempuan yang memakai pakaian tradisional menampilkan sebuah tarian saat Festival Sama Chakeva di Kathmandu, Nepal, pada 8 November 2022. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022