Bali (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia sangat peduli dengan isu perubahan iklim dan selalu serius dalam membuat kebijakan.

"Kami sangat care dengan climate change. Jadi tidak perlu diajari (oleh negara lain)," kata Luhut di sela acara Net Zero Summit 2022 yang merupakan rangkaian acara Business 20 (B20) Summit 2022, di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Baca juga: Luhut: Indonesia bukan negara "ecek-ecek" di panggung global

Dia mengatakan para pengambil kebijakan di Indonesia tidak ada yang menginginkan adanya kebijakan yang salah terkait isu perubahan iklim, yang dapat berdampak buruk kepada generasi mendatang.

"Jadi semua policy dibuat betul-betul dihitung dengan cermat. Saya pribadi tidak mau cucu saya dan generasinya menjadi rusak gara-gara kami buat policy yang salah," kata Luhut.

Baca juga: Luhut tak ingin ulangi kesalahan negara maju sebabkan krisis iklim

Dia menekankan bahwa negara lain boleh saja memberikan saran terkait perubahan iklim asalkan tidak mengganggu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa segala pinjaman atau investasi ekonomi hijau yang diberikan negara lain ke Indonesia harus dengan suku bunga yang sama seperti investasi ke negara maju.

Baca juga: Luhut tekankan kerja sama negara kepulauan cegah perubahan iklim 

"Kalau (interest rate) seperti negara berkembang, apa poinnya untuk kami," kata Luhut.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022