berupa kolaborasi sertifikasi perjalanan orang antarnegara. Kalau pandemi lagi, negara tidak perlu lagi memberlakukan karantina wilayah
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir yang banyak menarik perhatian pembaca dan masih layak untuk dibaca pada Minggu ini, mulai dari keseriusan Indonesia dalam menekan perubahan iklim hingga BPOM cabut izin CPOB tiga perusahaan farmasi terkait cemaran Etilen Glikol.

Berikut sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir:


1. Luhut tegaskan Indonesia sangat peduli dengan isu perubahan iklim

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia sangat peduli dengan isu perubahan iklim dan selalu serius dalam membuat kebijakan.

"Kami sangat care dengan climate change. Jadi tidak perlu diajari (oleh negara lain)," kata Luhut di sela acara Net Zero Summit 2022 yang merupakan rangkaian acara Business 20 (B20) Summit 2022, di Nusa Dua, Bali, Jumat.


2. Menkes G20 sepakat bentuk Pandemic Fund

Menteri Kesehatan yang tergabung dalam anggota G20 menyepakati pembentukan Pandemic Fund untuk menanggulangi kesenjangan anggaran penanganan pandemi COVID-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan kesepakatan itu merupakan hasil dari pertemuan para Head Ministerial Meeting kedua pada Oktober 2022.


3. G20 dukung harmonisasi protokol kesehatan antarnegara

Negara anggota G20 mendukung diwujudkannya jaringan harmonisasi protokol kesehatan antarnegara demi menjaga stabilitas perekonomian melalui pergerakan orang maupun perdagangan di saat pandemi.

"Harmonisasi ini berupa kolaborasi sertifikasi perjalanan orang antarnegara. Kalau pandemi lagi, negara tidak perlu lagi memberlakukan karantina wilayah," kata Sekjen Kemenkes RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam jumpa pers @G20updates di Jakarta, Jumat.


4. MAJA Labs merilis NFT Perksman, superhero lokal di Nusantara

MAJA Labs merilis NFT Perksman, superhero lokal dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November bertajuk Merdeka dalam Berkarya bersama konten kreator Euphodea di Jagat Nusantara (jagat.io) pada 10 November 2022 di room MAJA Labs Talks.

"Perksman yang diinisiasi oleh MAJA Labs dihadirkan sebagai superhero lokal berkostum pahlawan Indonesia yang terinspirasi dari wayang kertas Perkasa karya Bagong Soerbardjo," kata Founder MAJA Labs Adrian Zakhary dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, di Jakarta, Jumat.


5. BPOM cabut izin CPOB tiga perusahaan farmasi terkait cemaran EG/DEG

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mencabut Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari tiga perusahaan farmasi swasta di Indonesia sebab terbukti menggunakan bahan baku senyawa kimia melebihi ambang batas aman.

Dilansir dari keterangan tertulis pada laman resmi BPOM RI yang dikonfirmasi kepada Kepala Biro Kerja Sama dan Humas BPOM Noorman Effendi di Jakarta, Senin malam, pencabutan sertifikat CPOB tersebut merupakan bagian sanksi administrasi.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022