Pemuda merupakan generasi penerus yang memiliki peran yang strategis dalam pembangunan bangsa
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengatakan bahwa pemuda memiliki peran yang strategis dalam pembangunan bangsa Indonesia.

"Pemuda merupakan generasi penerus yang memiliki peran yang strategis dalam pembangunan bangsa," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri di Jakarta, Ahad.

Ia  mengatakan bahwa Kemenko PMK bersama seluruh pemangku kepentingan terus berupaya meningkatkan pembangunan kepemudaan.

Pembangunan kepemudaan, kata dia, harus meliputi berbagai aspek dalam rangka mewujudkan generasi yang unggul, berkualitas berkarakter dan berdaya saing.

"Kemenko PMK berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pemuda, menumbuhkan jiwa patriotik, kemandirian, cinta tanah air, dan kebhinekaan sekaligus juga ingin memberikan wadah untuk partisipasi aktif dalam pembangunan," katanya.

Berdasarkan data BPS mengenai statistik pemuda tahun 2021, kata dia, jumlah pemuda di Indonesia sebanyak 64,92 juta jiwa.

Ia menambahkan sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas pemuda, Kemenko PMK bersama dengan pihak terkait menyelenggarakan kegiatan Bulan Pemuda 2022.

Acara tersebut, kata dia, merupakan rangkaian dari Festival Pemuda 2022 yang dilaksanakan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa".

"Kemenko PMK berharap Festival Pemuda akan makin meningkatkan kualitas dan potensi para pemuda dalam pembangunan nasional khususnya membantu percepatan pemulihan pembangunan ekonomi pasca pandemi COVID-19," katanya.

Festival Pemuda 2022 akan diselenggarakan pada 13-17 November 2022 di Mojokerto dan juga Surabaya.

Beberapa rangkaian program dan aktivitas dalam Festival Pemuda 2022 di antaranya kemah kebangsaan, seminar kebangsaan, kelas inspirasi, kompetisi proposal program "Ayo Muda Berkarya", malam Bhinneka Tunggal Ika, napak tilas, simposium kebangsaan, deklarasi sumpah pemuda dan karnaval daya Nusantara.

Festival Pemuda tahun 2022 bertujuan untuk mendorong penguatan potensi pemuda dalam merajut persatuan dan kesatuan juga perdamaian dan kesejahteraan, demikian Femmy Eka Kartika Putri.

Baca juga: PMK Menko menyebut pemuda sebagai sasaran penting pengembangan sumber daya manusia

Baca juga: Pemuda membangun dialog tentang kebhinekaan Indonesia Bersatu

Baca juga: Kemenko: Pemerintah jaringan pemuda sebagai agen perubahan

Baca juga: Lokakarya perdamaian pemuda diadakan di lima kota

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022