..tidak hanya dalam hal pembagian minyak goreng dengan harga murah"
Kudus (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan resmikan pasar murah di Pondok Pesantren Miftahul Falah di Desa Cendono, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu.

Peresmian pasar murah di Kecamatan Dawe itu ditandai dengan penukaran kupon oleh masyarakat dengan paket kebutuhan pokok masyarakat yang dijual dengan harga terjangkau, khususnya untuk masyarakat kurang mampu.

Bahkan, Gita Wirjawan juga ikut melayani penukaran kupon dari masyarakat yang sudah antre sejak pagi, didampingi Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Nusron Wahid, Managing Director Sinar Mas Gandhi Sulistiyanto, dan Bupati Kudus Musthofa.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyambut positif kegiatan pasar murah tersebut karena merupakan kegiatan sosial untuk meringankan beban masyarakat pada bulan puasa.

"Kerja sama antara GP Ansor dan PT Sinar Mas sudah terjalin cukup lama dan tidak hanya dalam hal pembagian minyak goreng dengan harga murah," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, kehadiran smartfren yang meluncurkan kartu umat dengan nomor yang bisa dipakai untuk keanggotaan GP Ansor dan NU juga bisa meningkatkan semangat kekeluargaan dan kekompakan.

Koordinator kegiatan pasar murah, Sidqul Wafa, mengungkapkan kegiatan pasar murah ini merupakan hasil kerja sama dengan PT Sinar Mas.

Adapun jumlah minyak goreng yang disediakan mencapai 2.500 kemasan, setiap kemasan berisi 2 liter minyak goreng, serta 2 ton beras dan 2 ton gula pasir.

Harga setiap kemasan minyak goreng sebesar Rp18 ribu, gula Rp10 ribu per kilogram dan beras Rp7.000,00/kg.

Produk minyak goreng Bintang 9 tersebut merupakan produk hasil kerja sama antara PT Sinar Mas dan GP Ansor.

Proses produksi minyak goreng tersebut dilakukan oleh PT Sinar Mas. Namun, pemasarannya terbatas hanya dilakukan di basis GP Ansor.

Ia menambahkan, kegiatan pasar murah ini, juga diikuti sejumlah kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena tersedia 10 stan jualan.

Adapun jumlah kupon pasar murah yang disediakan untuk masyarakat kurang mampu di sekitar Desa Cendono dan desa tetangga sebanyak 2.500 kupon.

Dengan adanya pasar murah tersebut, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu, terutama pada bulan puasa karena harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat mulai melonjak.

Managing Director Sinar Mas Gandhi Sulistiyanto mengungkapkan, sejak 2005 hingga sekarang, pihaknya sudah menyalurkan minyak goreng hingga 27,1 juta liter untuk membantu masyarakat kurang mampu di berbagai kota di Tanah Air.

"Dalam mendukung kegiatan pasar murah minyak goreng ini, kami tidak mengambil untung," ujarnya.

Dalam kegiatan pasar murah tersebut, PT Sinar Mas memberikan subsidi harga antara 35 persen dan 40 persen sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengungkapkan bahwa 2,5 persen keuntungan dari hasil penjualan kartu smartfren akan diberikan ke Nahdlatul Ulama.

Ia mengatakan bahwa GP Ansor juga akan menjadi penyalurnya, sekaligus akan mendapatkan manfaat agar produk ini lebih populer.

Salah seorang pembeli, Rahmini (50), mengaku bersyukur bisa membeli minyak goreng, beras, dan gula pasir dengan harga yang tergolong cukup murah dibanding harga jual di pasaran.

(KR-AN/D007)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012