Pelajaran dari edisi kelima forum ini adalah bahwa respons terhadap tantangan global dan negosiasi perdamaian berjalan beriringan
Paris (ANTARA) - Forum Perdamaian Paris (Paris Peace Forum) edisi kelima pada Sabtu (12/11) memilih 10 proyek peningkatan tata kelola global untuk menerima dukungan yang didedikasikan dan dirancang khusus.

Sepuluh proyek yang dipilih oleh juri tersebut berasal dari berbagai bidang seperti lingkungan hidup, keuangan, dan kecerdasan buatan, kata pihak penyelenggara dalam siaran pers seperti dilansir Xinhua, Senin.

Menurut penyelenggara, forum itu akan mendukung kesepuluh proyek tersebut dalam mencari pendanaan, meningkatkan visibilitas, dan mengimplementasikan rencana.

Forum Perdamaian Paris terus menunjukkan bahwa dalam lingkungan internasional yang memburuk, masih ada kemungkinan untuk memajukan solusi tata kelola, meningkatkan proyek, dan meluncurkan inisiatif baru, kata penyelenggara.

"Pelajaran dari edisi kelima forum ini adalah bahwa respons terhadap tantangan global dan negosiasi perdamaian berjalan beriringan. Ketika kita memajukan dialog, kita memfasilitasi penyelesaian masalah global," kata Justin Vaisse, pendiri sekaligus direktur jenderal forum tersebut.

Diprakarsai oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk mempromosikan kerja sama multilateral dan mengatasi tantangan global, Forum Perdamaian Paris pertama kali diadakan pada 2018.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022