Kita akan koordinasi dengan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menanam 2.500 pohon mahoni di dua lokasi embung  wilayah Kalideres untuk mencegah longsor.

"Yang kita tanam itu di embung RW 01 Semanan dan RW 03 kelurahan Tegal Alur," kata Camat Kalideres, Naman Setiawan, saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Ribuan pohon tersebut, lanjut Naman, ditanami di seluruh sisi embung  atau kolam dengan tujuan agar tanah di pinggirnya  tidak mudah longsor ketika hujan deras.

Selain untuk menahan longsor, penanaman ribuan pohon itu juga berfungsi sebagai paru-paru kota dan penghijauan wilayah Kalideres.

Dalam waktu dekat, kata Naman, pihaknya  kembali menanam pohon produktif dan pelindung di lahan milik Pemprov DKI yang berlokasi di Kelurahan Kamal.

"Kita akan koordinasi dengan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat untuk pengadaan pohon," kata Naman.

"Saking luas itu lahan tersebut, cukup untuk 2.000 sampai 3.000 pohon," tambah Naman.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir di DKI Jakarta.

"Dalam memasuki musim hujan, saya meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, nanti untuk lokasinya bisa di mana saja," kata Heru di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

Heru juga menyebutkan pohon yang harus ditanam berjumlah sekitar 600 hingga 1.000 batang dalam jangka waktu selama satu bulan.

"Seperti kemarin Wali Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon di Becakayu dan saya kasih waktu satu bulan," kata Heru.
Baca juga: Jakarta Barat serahkan perawatan pohon ke warga
Baca juga: Jakarta Selatan gencar tambah tanaman produktif di AEW Ragunan
Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi pohon tumbang tutup akses Jalan Raya Bogor

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022