Jakarta (ANTARA) - Pria asal Iran yang tinggal selama 18 tahun di Bandar Udara Charles de Gaulle Paris, Prancis, dan menjadi inspirasi bagi Steven Spielberg dalam pembuatan film “The Terminal” meninggal pada Sabtu (12/11) waktu setempat di bandar udara tersebut.

Hal itu dikonfirmasi oleh pihak otoritas setempat seperti dilaporkan Associated Press, Senin.

Pria bernama Merhan Karimi Nasseri itu meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung pada siang hari di Terminal 2F.

Pihak kepolisian beserta tim medis berusaha memberikan pertolongan dan penanganan, namun nyawa Nasseri tidak berhasil diselamatkan.

Nasseri yang dipercaya lahir pada tahun 1945 itu tinggal di Terminal 1 Bandar Udara Charles de Gaulle sejak 1988 hingga 2006. Dia menjadi tunawisma pertama di bandar udara, akibat tidak memiliki berkas residensi. Setelah itu dia menjadi tunawisma dan kembali tinggal di Terminal 2 bandar udara di kota Paris itu selama beberapa minggu terakhir.

Nasseri menjadi inspirasi dalam pembuatan film box office "The Terminal" yang dibintangi Tom Hanks dan Catherine Zeta Jones, demikian laporan NBCNews.

Baca juga: "The Fabelmans" karya Steven Spielberg menang hadiah utama TIFF

Baca juga: Film "West Side Story" kantongi Rp150 miliar di box office Amerika

Baca juga: "West Side Story" tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022