Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Selasa-Rabu (15-16/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Senin.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Ia merinci, Kota Balikpapan pada Selasa sekitar pukul 21.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara. Pukul 23.00 Wita di semua kecamatan, dan Rabu dini hari hujan ringan hampir di semua kecamatan.

Kota Samarinda pada Selasa sekitar pukul 11.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan, sedangkan Rabu dini hari hingga subuh, hujan ringan di semua kecamatan.

Baca juga: Sembilan titik panas terdeteksi di Kaltim

Baca juga: BMKG prakirakan lima kabupaten di Kaltim hujan petir pada Selasa-Rabu


Di Kota Bontang pada Selasa sekitar pukul 23.00, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kawasan, Rabu dini hari hingga pagi, hujan ringan berpotensi terjadi di semua kawasan di Bontang.

Kabupaten Penajam Paser Utara pada Selasa sekitar pukul 11.00 wita hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada semua kecamatan, pukul 23.00 hujan petir di semua kecamatan, dan Rabu dini hari hujan ringan terjadi di semua kecamatan.

Kabupaten Berau pada Selasa sekitar pukul 08.00, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Biatan dan Talisayan, pukul 23.00 di Kecamatan Kelay dan Segah, Rabu dini hari berpotensi hujan ringan hampir di semua kecamatan.

"Kabupaten Kutai Kartanegara pada Selasa sekitar pukul 20.00 dan 23.00, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Tenggarong, Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kota Bangun, Loa Kulu, Muara Kaman, dan Muara Wis, Rabu dini hujan ringan berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan," kata Idham.

Baca juga: Semua daerah di Kaltim diprakirakan hujan petir pada Minggu-Senin

Baca juga: Sambilan daerah di Kaltim diprakirakan hujan pada Kamis-Jumat

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022