Balikpapan (ANTARA) - Semua daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir dan dapat disertai dengan angin kencang pada Minggu-Senin (6-7/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Sabtu.

Baca juga: Sambilan daerah di Kaltim diprakirakan hujan pada Kamis-Jumat

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Semua atau 10 kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kota Samarinda pada Minggu sekitar pukul 11.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, Samarinda Seberang, sedangkan pada Senin dini hari, hujan ringan terjadi hampir semua kecamatan.

Baca juga: Enam daerah di Kaltim diprakirakan diguyur hujan pada Selasa-Rabu

Kota Balikpapan pada Minggu sekitar pukul 11.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara, pukul 20.00 di Kecamatan Balikpapan Timur, sedangkan Senin dini hari hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Balikpapan.

Kabupaten Berau sekitar pukul 20.00 dan 23.00 hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Derawan, pada Senin dini hari hujan petir terjadi di Kecamatan Tabalar, Biatan, dan Kecamatan Talisayan.

Baca juga: BMKG: Enam kabupaten di Kaltim berpotensi hujan pada Kamis-Jumat

Kota Bontang pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan (tiga kecamatan), yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Kecamatan Bontang Utara.

Kabupaten Kutai Barat, Minggu, sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada 13 dari 17 kecamatan, sehingga 4 kecamatan yang hanya hujan ringan adalah Kecamatan Siluq Ngurai, Penyinggahan, Bongan, dan Bentian Besar.

Baca juga: Semua daerah di Kaltim berpotensi hujan petir Selasa-Rabu

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, lanjutnya, pada Minggu sekitar pukul 11.00 wita, hujan petir di Kecamatan Muara Badak, Sebulu, Kota Bangun, Marang Kayu, Muara Kaman, dan Sanga-Sanga.

Pukul 20.00 dan 23.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sebulu, Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, dan Muara Kaman.

Baca juga: Delapan daerah di Kaltim berpotensi hujan petir Minggu-Senin

Kabupaten Kutai Timur pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Sandaran, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, pada Senin dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Kongbeng, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Kabupaten Mahakam Ulu, Minggu sekitar pukul 17.00, 20.00, 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, dan Long Hubung.

Baca juga: Sejumlah wilayah di Kaltim berpotensi hujan lebat pada Sabtu dan Ahad

Hujan petir di Kabupaten Paser pada Minggu sekitar pukul 11.00 wita di Kecamatan Long Kali, pukul 14.00 terjadi di Kecamatan Tanah Grogot, Batu Engau, Kuaro, Pasir Belengkong, pukul 20.00 wita terjadi di Kecamatan Tanjung Harapan.

"Kabupaten Penajam Paser Utara pada Minggu sekitar pukul 11.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan, yakni Sepaku, Penajam, Babulu, dan Kecamatan Waru," ujar Ilham.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian Kaltim diguyur hujan dalam tiga hari ke depan

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022