Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggencarkan donor darah untuk membantu warga yang membutuhkan stok darah sesuai golongan.

"Karena ini kaitannya dengan penyediaan stok darah, mengingat itu sangat diperlukan," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Munjirin menuturkan, kegiatan rutin ini diikuti oleh pegawai di lingkungan Kota Jakarta Selatan baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN dengan menargetkan sebanyak 150 peserta yang turut berpartisipasi.

Kendati demikian, ia menambahkan, pihak panitia telah menyiapkan sebanyak 250 kantong darah sebagai antisipasi jika banyak pendonor yang datang.

Kepala Suku Badan Kepegawaian Jakarta Selatan Arief Rachman mengatakan, dalam setahun kegiatan serupa digelar sebanyak dua kali.

Baca juga: PMI Jaksel berhasil kumpulkan 33.956 kantong darah dalam 10 bulan
Baca juga: Ratusan ASN Jaksel antusias peringati Hari Donor Darah Sedunia

Ia berharap darah yang dikumpulkan ini bisa dipakai dan bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

"Karena ini sifatnya kan menjalin kesetiakawanan, kita berharap ada kepedulian dari setiap pegawai khususnya di lingkungan Jakarta Selatan untuk mendonorkan darahnya," katsnya.

Munjirin meninjau kegiatan donor darah dalam rangka HUT Korpri ke-51 di Ruang Serbaguna Kantor Wali kota Administrasi Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memastikan stok kantong darah tercukupi untuk warga yang membutuhkan sesuai golongannya.

"Dari Januari hingga Oktober 2022 kami pastikan sebanyak 33.956 kantong darah sudah dikumpulkan," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan Abdul Haris.

Haris menambahkan, jumlah keseluruhan kantong darah ini merupakan total dari hasil mobil unit dan donor di Unit Donor Darah (UDD) PMI Jakarta Selatan.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022