Bali (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez di Bali pada Selasa (15/11) sore.

Menyatakan bahwa kedua negara akan memperingati 50 tahun hubungan diplomatik pada tahun depan, Xi mengatakan hubungan China-Spanyol telah menikmati pertumbuhan yang sehat dan lancar selama lima dekade terakhir, yang dikaitkan dengan komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip dasar saling menghormati, kesetaraan, dan saling menguntungkan, serta berada di jalur yang benar dalam interaksi bersahabat antara dua negara dengan budaya dan sistem yang berbeda.

Upaya modernisasi China dan pembangunan berkualitas tinggi di China akan membawa peluang pembangunan baru bagi Spanyol dan negara-negara di seluruh dunia, ujar Xi, seraya menambahkan bahwa China siap bekerja sama dengan Spanyol untuk mempromosikan kemitraan strategis komprehensif mereka ke tingkat yang baru.

Xi menggarisbawahi bahwa para pemimpin senior kedua negara harus menjaga komunikasi yang rutin, memperkuat perencanaan tingkat tinggi dan bimbingan politik, serta membangun rasa saling percaya yang lebih kuat.

Penting bagi kedua belah pihak untuk saling memahami dan saling mendukung terhadap isu-isu yang menyangkut kepentingan inti satu sama lain seperti kedaulatan, keamanan, pembangunan, dan martabat, kata Xi.

Kedua negara perlu melakukan persiapan yang baik untuk Tahun Kebudayaan dan Pariwisata China-Spanyol guna membangun dukungan rakyat yang lebih besar bagi persahabatan China-Spanyol, serta melakukan upaya yang kuat untuk mempromosikan kerja sama praktis, ujar Xi.

China menyambut lebih banyak perusahaan dan produk Spanyol di pasar China dan berharap Spanyol akan memperlakukan perusahaan China dengan cara yang adil, setara, transparan, dan tidak diskriminatif, katanya.

China siap untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan Spanyol dalam Kelompok 20 (G20) dan platform multilateral lainnya guna bersama-sama mengatasi sejumlah tantangan seperti perubahan iklim, juga ketahanan energi dan pangan, ujar Xi, seraya menambahkan bahwa Spanyol diharapkan memainkan peran positif dalam mendorong pertumbuhan hubungan China-Eropa yang sehat dan stabil.
 
   Sementara itu, Sanchez sekali lagi mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Xi sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC)


Dirinya menyatakan dukungan penuh atas proposal Xi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 untuk mengatasi tantangan global dengan solidaritas dan kerja sama serta mempromosikan pembangunan global yang lebih inklusif, dengan mengatakan bahwa China selama ini telah menjadi kekuatan untuk stabilitas tatanan internasional.

Sejak pembentukan hubungan diplomatik hampir lima dekade lalu, kedua negara telah mencapai hasil yang bermanfaat dalam kerja sama bilateral, ujar Sanchez, seraya menambahkan bahwa Spanyol akan memanfaatkan kesempatan peringatan 50 tahun tersebut untuk mempromosikan kemajuan yang lebih besar dalam kemitraan strategis komprehensif Spanyol-China.

Spanyol siap untuk memperkuat interaksi tingkat tinggi dengan China, mempromosikan pertukaran dan kerja sama di sejumlah bidang seperti perdagangan, investasi, budaya, dan respons iklim, memberikan lebih banyak fasilitasi bagi bisnis China yang datang ke Spanyol untuk berinvestasi dan bekerja sama, serta secara aktif mempromosikan dialog dan kerja sama antara Eropa dan China di berbagai bidang, katanya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022