ketujuh kedutaan tersebut telah memiliki personel pengamanan yang baik
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan melakukan kunjungan ke sejumlah kedutaan besar di wilayah hukum Jakarta Selatan terkait kesiapan pengamanan G20.

"Kami mengecek keamanan di sejumlah kedutaan besar wilayah Jakarta Selatan dari pukul 13.00 hingga selesai," kata Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Harun melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam kunjungannya Harun mengajak Plt Kasipropam Kompol Prayitno dan jajaran kepolisian di wilayah lokasi kedutaan besar beralamat.

Adapun kedutaan besar yang dikunjungi, yaitu, Kedubes Korea Selatan, Kedubes Australia, Kedubes Inggris, Kedubes Turki, Kedubes Republik Rakyat Tiongkok, Kedubes Rusia, dan Kedubes Arab.

Menurut Harun, ketujuh kedutaan tersebut telah memiliki personel pengamanan yang baik dan sudah mendapat pengawasan dari perwira pengendali.

Indonesia menjadi Presidensi G20 setelah menerima dari Italia pada 2021, dan akan menyerahkan kepada India sebagai Presidensi G20 2023.

Presidensi G20 Indonesia mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger dengan tiga isu prioritas, pertama arsitektur kesehatan, kedua transisi energi berkelanjutan, dan ketiga transformasi digital.

Selain itu perhelatan G20 kali ini menjadi saksi sejumlah pertemuan bilateral kepala negara/pemerintahan anggota G20, seperti pertemuan bersejarah antara Presiden AS Josep R Biden dengan Presiden  China Xi Jinping yang menyepakati perlunya meningkatkan kembali hubungan kedua negara dan dialog secara terbuka dan jujur.

Sejumlah negara lain juga melaksanakan pertemuan bilateral seperti Prancis, Turki, Jerman, dan China. Sebagai tuan rumah, tentu hal itu dapat membuat peran Indonesia dalam pembangunan global semakin meningkat.
Baca juga: DKI gandeng Korsel untuk pembangunan MRT Fase IV
Baca juga: HIPMI luncurkan gerakan nol karbon sambut G20 Bali
Baca juga: KCIC menyatakan siap uji dinamis kereta cepat jelang Showcase G20

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022