Ambon (ANTARA) - Sebanyak 1.500 personil gabungan terdiri dari TNI Polri disiapkan untuk melakukan pengamanan Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV tahun 2022.

Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif dalam arahannya menyampaikan pengamanan Popmal yang dilakuakn secara baik dan maksimal akan membantu Maluku memperoleh atlet-atlet terbaik.

“Popmal merupakan ajang untuk memperoleh bibit-bibit atlet terbaik di Maluku. Mereka selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 nanti. Oleh karena itu mari kita laksanakan tugas ini dengan maksimal dan penuh rasa tanggung jawab sesuai tupoksi dan ploting yang sudah ditentukan oleh masing-masing perwira pengendali,” kata Kapolda Maluku, Apel gelar pasukan di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Ambon, Rabu.

Kapolda mengingatkan kepada seluruh personel TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pengamanan nanti, bahwa suksesnya pengamanan Popmal 2022 akan berdampak pada suksesnya perolehan atlet terbaik Maluku.

Ia meminta kepada para personel agar prosedur operasi standar (Protap) dan standar operasioanl (SOP) pengamanan yang sudah ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai perkuatan yang ada, tentunya dengan menyesuaikan dinamika yang terjadi di lapangan.

“Sehingga tugas untuk mengamankan seluruh rangkaian acara yang diembankan kepada kita selama 10 hari ke depan nanti dapat berjalan lancar hingga selesai," ujar Kapolda.

Dalam pengamanan Popmal, Kapolda meminta untuk menghindari tindakan arogansi di lapangan, namun kita mengedepankan pelayanan yang humanis.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Panglima yang sudah membantu memberikan personelnya bersama para komandannya. Sehingga kita semua berharap pengamanan ini berjalan lancar dan aman hingga selesai," ucapnya.

Sementara itu, Pangdam Pattimura, Ruruh Aris Sityawibawa, menyampaikan pesannya kepada seluruh personel TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pengamanan Popmal agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Saya minta agar seluruh personel dapat melaksanakan tugas pengamanan Popmal nanti dengan baik, jaga sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan tugas di lapangan," pintanya.

Pangdam mengaku, pengamanan yang dilaksanakan dengan baik diharapkan dapat menghasilkan atlet yang terbaik dan berprestasi untuk mengikuti acara olahraga yang lebih tinggi nantinya.

"Pengamanan yang kita laksanakan akan mengantarkan rekan-rekan kita yang sedang mengikuti ajang Popmal, dapat menghasilkan atlet yang baik dan berprestasi," ujarnya.

Apel gelar pasukan pengamanan Popmal yang akan dilangsungkan sejak tanggal 17-27 November 2022 mendatang, ini digelar pasukan di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Rabu.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa.

Turut hadir dalam apel gabungan tersebut yakni Sekda Provinsi Maluku Sadali Ie, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Wadanlantamal IX/Ambon Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Tiopan Hutapea , Sekot Ambon, Agus Ririmase, Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, para asisten Kodam XVI/Pattimura, Lantamal Ambon, Lanud Pattimura Ambon, seluruh pejabat utama Polda Maluku dan Kapolresta Ambon.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022