cabang olahraga yang diikuti karate, kempo dan pencak silat
Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku mengirim 14 atlet ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2023 di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

"Satu kontingen yang diikutsertakan pada kompetisi tersebut berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang atlit, empat orang pelatih, enam orang ofisial dari cabang olahraga yang diikuti karate, kempo dan pencak silat," ucap Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Unpatti, Prof. Jusuf Madubun di Ambon, Kamis.

Madubun mengatakan Pomnas yang berlangsung di Banjarmasin Kalimantan Selatan itu akan dihelat selama 10 hari mulai 12 November 2023 hingga 22 November 2023.

Ia menjelaskan bahwa keterlibatan kontingen Universitas Pattimura dalam kompetisi yang diselenggarakan setiap dua tahun ini bertujuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan nasional serta memberikan ruang bagi atlet dari kampus biru itu untuk berprestasi di kancah nasional.

"Kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antara sesama mahasiswa baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, meningkatkan prestasi mahasiswa Universitas Pattimura dalam kompetisi Pomnas XVIII Tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan," katanya.

Baca juga: USK siap jadi tuan rumah POMNAS 2025
Baca juga: POMNAS XVIII Kalsel perebutkan 1.397 keping medali 


Ia melanjutkan terkait kompetisi tersebut pihak universitas sendiri telah melakukan berbagai persiapan mulai dari perekrutan, pelatihan sampai pada saat ini.

Menurutnya, kompetisi ini juga bertujuan untuk memupuk kebersamaan antarmahasiswa dalam skala nasional, mengembangkan minat dan bakat dalam bidang olahraga, meningkatkan kesehatan jasmani, disiplin dan sportivitas, meningkatkan serta mengembangkan prestasi mahasiswa dan juga sebagai pembentukan karakter mahasiswa melalui olahraga.

“Sebanyak 14 atlit itu akan bertemu dengan para peserta lainnya dari seluruh daerah di Indonesia, maka haruslah membangun hubungan baik dengan seluruh kontingen yang ada di sana," tuturnya.

Prof. Madubun berharap 14 mahasiswa yang akan bertanding di kompetisi Pomnas XVIII 2023 dapat memberikan yang terbaik dan dapat memberikan prestasi bagi almamater tercinta Universitas Pattimura.

"Selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas, pulanglah dengan gelar juara," pesan Madubun.

Baca juga: Menpora minta promosi POMNAS dimasifkan
Baca juga: ULM dan Polda Kalsel koordinasi pengamanan POMNAS 2023
Baca juga: POMNAS kembangkan minat mahasiswa dalam bidang olahraga

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023